BLT Terus Bergulir, Kades Artafella Tujuan Utama Mengentaskan Warga Miskin Ekstrim

Adventorial News

Bula, CakraNEWS.ID – Pemerintah Desa Administratif Artafella, Kecamatan Kiandarat, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), kembali menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Ekstrem Dana Desa (DD) tahap I dan II sebesar Rp 1.800.000 terhitung selama enam bulan yakni dari bulan Januari sampai dengan Juni 2024 di Balai Desa Administratif Artafella pada Jumat (21/6/2024).

Diketahui, pembagian BLT kemiskinan Ektrem itu disalukkan kepada 26 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebagai wujud nyata upaya pemerintah setempat dalam mengatasi sejumlah persoalan salah satunya kemiskinan yang saat ini menjadi fokus utama pemerintah.

Sahabudin Kelsaba disela-sela pembagian BLT tersebut menyebut bahwa BLT DD Artafella yang diberikan selama enam bulan sejak Januari sampai dengan Juni 2024 sebesar Rp300.000,- perbulan.

“Jadi masing-masing KPM menerima 6 bulan sekaligus yaitu Rp1.800.000,- untuk periode bulan Januari sampai dengan bulan Juni 2024,” pungkas Kelsaba.

Dia melanjutkan, mereka yang menerima BLT Ekstrem dana desa ini tentunya sudah masuk kategori sesuai verifikasi melalui musyawarah desa.

Kriteria, sambung Kelsaba untuk penerima BLT-DD adalah, warga miskin ekstrim, kehilangan mata pencaharian, mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun, keluarga yang tidak menerima bantuan sosial apapun.

Kelsaba menambahkan bahwa BLT DD Kemiskinan Ekstrem adalah bantuan yang disalurkan oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi dari Dana Desa untuk mengurangi angka kemiskinan ekstrem di desa.
“Kita berharap ke depan semakin sedikit jumlah warga miskin yang menerima BLT, karena sudah mendapatkan BLT dari desa untuk menopang hidup mereka,” imbuhnya.

Kelsaba juga menyampaikan bahwa bantuan tersebut bertujuan untuk percepatan penuntasan kemiskinan ekstrem berdasarkan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2022 tentang Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem.

“Semoga BLT DD Ekstrem ini benar-benar dapat membantu warga miskin yang memang membutuhkan serta kemiskinan ekstrem di Desa Artafella menurun dimulai dari pemberian sekedar BLT-Desa,” tutup Kelsaba.

Dalam acara penyerahan selain Kepala Desa juga turut hadir, Perangkat Desa, Kepala Dusun, Pendamping Lokal Desa, Badan Permusyawaratan Desa, dan penerima pemanfaat BLT DD tahun 2024.*** CNI-07

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *