Lantik Pengurus DPP IKB SBT, PJ Gubernur Harap Jadi Motor Penggerak Perdamaian di Maluku

Adventorial News

Ambon, CakraNEWS.ID– Ikatan Keluarga Besar (Seram Bagian Timur (IKB SBT) sebagai sebuah Persekutuan Geneologis Teritorial di Kabupaten Seram Bagian Timur merupakan salah satu komunitas adat yang mempunyai posisi sangat strategis di Pulau Seram, bahkan di Maluku.

Hal tersebut disampaikan Penjabat Gubernur Maluku Sadali Ie yang juga merupakan Ketua Dewan Pembina Ikatan Keluarga Besar Seram Bagian Timur (IKBSBT), pada acara Pertemuan Akbar dan Pelantikan Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Keluarga Besar Seram Bagian Timur periode 2024-2027, di Gedung Islamic Center Ambon, Senin (29/7/2024), yang digelar dengan Sorotan Tema “Merajut Hubungan Silaturahmi sesama warga Ita Wotu Nusa”.

Untuk diketahui Pelantikan Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Keluarga Besar Seram Bagian Timur periode 2024-2027 berdasarkan pada Surat Keputusan Nomor 03/DPPIKBSBT/II/2024, yang dirangkaikan dengan Pelantikan Majelis Taklim Nurun Nisa Ikatan Keluarga Besar Seram Bagian Timur (IKBSBT) STAIN Kecamatan Sirimau Kota Ambon Periode 2024-2028 berdasarkan Surat Keputusan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Ambon Nomor 80 Tahun 2024.

Sadali atas nama Pemerintah Provinsi Maluku mengucapkan Selamat dan Sukses Atas semua proses mubes hingga pelantikan serta pengukuhan Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Keluarga Besar Seram Bagian Timur dan Majelis Taklim Nurun Nisa Pada Saat Ini.

”Semuanya berjalan dengan lancar, aman dan penuh kebersamaan, kondisi Ini tercipta karena basudara samua memiliki kesadaran kolektif tentang Persekutuan Keluarga Besar Seram Bagian Timur, sebagai Rumah Besar Orang Basudara, untuk Baku Dapa Dan Bacarita dari hati ke hati untuk Masa Depan Anak Negeri Maluku, Khususnya Seram Bagian Timur,” ungkap Sadali.

Dalam kesadaran etik-kultural orang Maluku, Sadali menjelaskan, keutuhan dan persaudaraan itu digambarkan bagaikan ”Satu Hati dan Satu Jantong”, yang tercermin dalam ungkapan ”Ale Rasa, Beta Rasa, Potong di Kuku Rasa Di Daging, dan Sagu Salempeng Dibagi Dua”.

“Kami menyampaikan hal ini agar ikatan keluarga besar Seram Bagian Timur, dapat menghidupkan kembali spirit kejuangan para pendahulu kita untuk kita transformasikan dalam memajukan Kabupaten Seram Bagian Timur, serta Maluku tanah pusaka ini,” ujar Sadali.

Dirinya berharap masyarakat Seram Bagian Timur sebagai salah satu komunitas “Tuang Tanah” terbesar di pulau Seram ini, dapat menjadi motor penggerak perdamaian di Maluku.

“Apalagi tahun 2024 ini akan dilaksanakan Pilkada Langsung Secara Serentak di Seluruh Indonesia yaitu Pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota, sehingga diharapkan Pilkada Serentak Tahun 2024 ini dapat berjalan aman, lancar dan sukses,” harap Sadali.

Melalui acara pelantikan dan pengukuhan Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Keluarga Besar Seram Bagian Timur dan Majelis Taklim Nurun Nisa ini, selaku Penjabat Gubernur Maluku Sadali, sangat menaruh harapan agar DPP Ikatan Keluarga Besar Seram Bagian Timur dan Majelis Taklim Nurun Nisa, dapat membuat program-program strategis ke masa depan, dalam rangka mengimajinasikan dan memproyeksikan, lahirnya kembali generasi muda emas Seram Bagian Timur, agar tampil lebih progesif sebagai anak-anak sejarah yang berguna untuk membangun Maluku.

“Mari manfaatkan dengan sebaik-baiknya acara pelantikan dan pengukuhan ini sebagai salah satu wahana untuk merumuskan program-program strategis, instrumen demokrasi untuk proses kaderisasi, serta sebagai media silaturrahim,” tandas Sadali.

Hadir pada kesempatan itu Penjabat Ketua TP PKK Provinsi Maluku Nita Sadali, perwakilan Forkopimda Provinsi Maluku, Ketua DPRD Kota Ambon, Bupati SBT, Ketua dan Pengurus Ikatan Keluarga Besar SBT, Sesepuh masyarakat SBT, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Dan Tokoh Pemuda.*** CNI-04

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *