Masuk Kategori, Desa Waiheru Kota Ambon Diverifikasi Program Kampung Iklim

Adventorial News

Ambon, CakraNEWS.ID– Desa Waiheru masuk dalam Verifikasi Nominasi Program Kampung Iklim (Proklim) Tahun 2024, yang langsung di lakukan oleh Tim Verifikasi lapangan program kampung iklim (ProKlim), Jumat (21/6/2024).

RW.07 yang menjadi fokus penilaian dan verifikasi Program Kampung Iklim didatangi tim yang diterima langsung Oleh Rahmat, selaku Kepala Seksi Pemerintahan Desa Waiheru, untuk melihat secara langsung progres dari aksi masyarakat setempat dalam upaya meningkatkan ketahanan terhadap dampak perubahan iklim melalui pengelolaan lingkungan secara baik.

Desa waiheru menjadi salah satu dari beberapa desa di Kota Ambon yang masuk kedalam nominasi usulan Peringkat Utama Proklim
Pada kesempatan itu Perwakilan dari dari Balai Pengendalian Perubahan Iklim Wilayah Maluku dan Papua mengatakan bahwa sejatinya merupakan program berlingkup nasional yang dikelola oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.
“Proklim sendiri merupakan upaya untuk menjaga lingkungan dengan aksi adaptasi dan mitigasi perubahan iklim, serta penurunan emisi gas rumah kaca,” ucap beliau.

Dalam kegiatan verifikasi di RW 07 Desa waiheru dilakukan dibeberapa lokasi yang mendukung aksi adaptasi dan mitigasi program kampung iklim yaitu pemanfaatan tungku perapian untuk memasak, pembibitan Mangrove, pemanfaatan mangrove, serta pengelolaan lingkungan, tentunya penilaian sarana umum dan sebagainya menjadi pendukung nilai dari kategori Program Kampung Iklim.

Dengan adanya kegiatan verifikasi proklim ini diharapkan Desa waiheru mendapatkan hasil yang maksimal sesuai apa yang kita harapkan yaitu mendapatkan Predikat Proklim Utama.*** CNI-04

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *