Pemkota Ambon Beri Atensi Pendampingan Calon Pengantin dan Keluarga Resiko Stunting

Adventorial News

Ambon, CakraNEWS.ID– Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan KB (DPPKB) bekerjasama dengan Tim Penggerak (TP) PKK, menggelar orientasi Pendampingan kepada Tim Pendamping Keluarga (TPK) se – Kota Ambon agar dapat melaksanakan tugasnya dengan baik.

Kegiatan yang berlangsung Kamis (20/6/24) di Hotel Marina, dibuka oleh Asisten III Setda, Roby Sapulette, mewakili Pj. Wali Kota Ambon, serta turut dihadiri Pj. Ketua Tim Penggerak TP – PKK Provinsi, Nita Sadali Ie, dan Kota Ambon, Dessy N. Kaya.

Diketahui, Tim Pendamping Keluarga (TPK) adalah sekelompok tenaga yang dibentuk dan terdiri dari Bidan, Kader TPPKK dan kader KB untuk melaksanakan pendampingan meliputi penyuluhan, fasilitasi pelayanan rujukan, fasilitasi penerimaan program – program bantuan, serta melakukan surveilans keluarga beresiko Stunting.

“Pelaksanaan Orientasi ini agar dapat menghasilkan tim yang benar – benar siap, dan mampu memberikan pelayanan dan pendampingan terbaik kepada masyarakat, sehingga TPK menjadi mitra pemerintah yang handal dalam target penurunan angka Stunting,” kata Pj. Wali Kota dalam sambutan yang dibacakan Sapulette.

Dibeberkannya, upaya pencegahan Stunting bukanlah tugas yang mudah dan bisa diselesaikan secara individu tetapi merupakan tanggungjawab bersama warga kota ambon, untuk memastikan setiap anak mendapatkan gizi yang cukup dan pola asuh yang sehat.

“Oleh sebab itu kepada peserta yang hadir saya ingatkan bersungguh – sunggu dan serius dalam upaya pencegahan dan penurunan angka Stunting, jadikan kesempatan ini sebagai awal yang berarti dalam mengabdi kepada masyarakat,” tandasnya.

Sementara itu, Pj. Ketua TP – PKK Kota Ambon, Desy N. Kaya menekankan pentingnya peran TPK dalam mendampingi Calon Pengantin yang akan segera membangun rumah tangga, sebab tak jarang banyak permasalahan yang timbul dalam perinikahan termasuk Stunting.

“Mari kita bersama – sama berkomitmen untuk menciptakan keluarga yang sehat dan bahagia dengan memastikan setiap langkah kita didasari oleh pengetahuan dan kesaadaran akan pentingnya gizi yang baik dan pencegahan Stunting,” pungkasnya. *** CNI-04

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *