Buka Musdes Piru Seram Barat, Camat Beri Atensi Pada Stunting Hingga Makananan Bergizi Gratis

Adventorial News

Piru, CakraNEWS.ID– Camat Seram Barat , Bertje Akollo, membuka dengan resmi Musyawarah Desa (Musdes) Perencanaan Pembangunan Desa Piru tahun 2025. Momemtum tersebut sekaligus digelar Musdes Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Desa Piru tahun 2025.

Kegiatn berlangsung di Aula Kantor Desa Piru,  Rabu (21/08). Desa Piru menghadirkan narasumber Tim TPP P3MD Pendamping Desa Piru, An Kermite. Hadir juga Tim pendamping dari tiga Desa yang ada di Kecamatan Seram Barat, pendamping desa Piru, Kawa dan Desa Eti.

Selain itu, Tim Transformasi Ekonomi Kampung Terpadu (TEKAT) melalui Moren Maronaya ikut serta dalam giat tersebut.

Camat Seram Barat Akollo mengingatkan kepada kepala kepala Dusun ( Kadus ) kader Posyandu yang ada di Desa Piru agar secepatnya mendata terkait Bayi Balita, Ibu Hamil remaja Putri yang ada di Dusun agar bisa masukan di Desa secara koletif.

Pendataan itu nantinya dapat menjadi ususlan terkait kesehatan sesuai kebutuhannya.

Akollo juga mengingatkan kepada kader Posyandu, untuk untuk teliti agar tidak keliru dalam melakukan pendampingan.

“Jadi kalau datang untuk timbang atau mengukur bayi. tidak boleh ada masalah di rumah,karena bisa saja kalau ada masalah di rumah membawa dampak pada anak anak kita yang mau timbang dan saat pengukuran,” kelakar Akollo.

Perihal makan siang gratis yang di canangkan oleh Presiden terpilih Pa Prabowo, Camat mengakui sudah menyampaikan kepada seluruh desa di lingakan pemerintah kecamatan Seram Barat.

“Saya sudah sampaikan ke Desa desa agar setiap Desa harus membuka lahan pertanian untuk menanam sayur sayuran ,tomat cabe dan lain sebagainnya, agar kedepan nanti bisa di jual kepada pemerintah, masuk dapur umum untuk makanan Anak Sekolah,” terang dia.

Dia menegaskan, progaram ini harus jalan tahun depan di 7 (tujuh) di Kecamatan Seram Barat.

Sementara Kepala Desa Piru, Oktafianus Manupassa menyatakan, Musdes dalam rangka rancangan pembangunan Desa adalah forum resmi yang diadakan ditingkat Desa ,untuk membahas dan memutuskan berbagai hal yang berkaitan dengan penyelenggaraan pemerintah ,Pembangunan,Pembinaan ,dan Pemberdayaan Masyarakat Desa.sehingga keputusan mufakat yang akan diambil mengacu pada rencana kerja Pemerintah Desa tahun 2025 sesuai dengan RPJMDes tahun ke-4.

“Saya harapkan di Musdes ini Kita dapat membuat perencanaan yang baik untuk menghasilkan hasil yang baik untuk kemajuan Negeri kedepan,” singkat Manupassa.

Danramil Piru, Ismael Lesteluhu meyakinkan akan terus melakukan kolaborasi bersama pemerintah kecamatan maupun desa.

Dia katakan, Babinsa yang bertugas di Desa desa yang ada di Kecamatan Seram Barat tetap melaksanakan kegiatan teritorial untuk meyiapkan potensi sumberdaya alam kepada Masyarakat.dengan cara melaksanakan kegiatan bercocok tanam ,sayur sayuran tomat cabe, bawang merah Putih untuk di pasarkan di Dapur umum makanan gizi.

Untuk itu Masyarakat harus proaktif bersama dengan Banbinsa,menjalankan program pemerintah ,seperti yang dicanangkan oleh Persiden terpilih Prabowo. Untuk makanan bergizi kepada anak sekolah mulai dari TK Paut sampai ke SMA sederajat yang ada di Kecamatan Seram Barat kurang lebih 7000 Anak sekolah.

“Dengan adanya kesiapan untuk makanan gratis ini ,Kami dari TNI akan siapkan bangun Dapur umum yang di pusatkan di Koramil 1513-01/ piru Sebanyak 4 unit untuk masak makanan bergizi bagi anak sekolah,” terang dia.

TNI kata dia, sudah siapkan untuk persiapan di tahun 2025 nanti Presiden terpilih akan melaksanakan Program Makan makanan bergizi gratis .

Hadir langsung selain Camat, Kepala Desa Piru Oktofianus Manupassa,  Danramil.1513-01/Piru Kapten ARM. Ismael Lesteluhu, Ketua BPD desa Piru serta jajaran.*** CNI-03

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *