Bupati Buru Selatan Terima Duplikat Bendera Pusaka Merah Putih

Adventorial News

Jakarta, CakraNEWS.ID– Bupati Buru Selatan, Safitri Malik Soulisa menerima duplikat Bendera Pusaka dari Sekretaris Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya.

Serah terima dalam rangka persiapan puncak hari kemerdekaan itu digelar pada, Rabu (07/08/2024) di Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta Utara, pada acara penyerahkan duplikat Bendera Pusaka kepada Bupati dan Wali Kota seluruh Indonesia.

Dalam penyerahan ini, Wisnu meminta agar para Bupati dan Wali Kota dapat mensosialisasikan ideologi Pancasila hingga ke desa-desa. Dia menekankan Pancasila bukan sekedar untuk dihafal.

“Hari ini dengan duplikat Bendera Merah Putih, teks proklamasi, pidato 1 Juni dan buku teks utama Pancasila, hendaknya kita sosialisasikan dari pusat hingga ke daerah. Maka, para Gubernur, Bupati, Walikota, Kesbangpol sampai kepala desa untuk terus mensosialisasikan ini, mengimplementasikan Pancasila bukan hanya hafalan tapi praktik di lapangan,” ujarnya.

Dia mengungkap penekanan ini juga selalu disampaikan oleh Ketua Dewan Pengarah BPIP, Megawati Soekarnoputri. Sebabnya, menurutnya dalam kurun waktu beberapa tahun ke belakang, banyak ditemukan pemudaran etika ketatanegaraan dalam generasi muda.

Sementara Ketua BPIP, Yudian Wahyudi meminta para Bupati dan Wali Kota menjaga dengan baik Bendera Pusaka yang telah diberikan. Dia menyebut banyak pemaknaan yang terdapat dalam bendera pusaka ini.

Dia berharap agar duplikat Bendera Pusaka ini dapat dijaga dengan sebaik-baiknya. Duplikat Bendera Pusaka yang nanti dibagikan bukanlah sekedar benda mati. Tapi merupakan benda pusaka yang di dalamnya terdapat makna dan guratan sejarah panjang perjuangan para pahlawan dan pendiri bangsa.*** CNI-04

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *