Site icon Cakra News

Cegah dan Deteksi Dini Jelang Pilkada di SBB, ini Pesan Pj Gubernur Maluku

Ambon, CakraNEWS.ID– Penjabat Gubernur Maluku, Ir. Sadli Ie melalui kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (KesbangPol) provinsi Maluku Eduard E Indey membuka sosialisasi Deteksi Dini dan Cegah Dini Terhadap Ancaman, Tantangan, Hambatan dan Gangguan (ATHG) Menuju Pilkada Aman dan Damai Tahun 2024 di Kabupaten Seram Bagian Barat

Pj. Gubernur Maluku dalam sambutannya mengajak masyarakat kabupaten Seram Bagian Barat turut ambil bagian mendeteksi dan Cegah Dini Terhadap Ancaman, Tantangan, Hambatan dan Gangguan (ATHG).

Sambutan tertulis yang dibacakan KakesbangPol Provinsi Maluku itu menjelaskan, provinsi Maluku memiliki Karakteristik permasalah yang beragam.

Hal tersebut dikarenakan masyarakat di Maluku memiliki suku, budaya dan agama yang berbeda, masyarakat yang beragam inilah yang sangat rawan terjadinya gangguan kakmtibmas, untuk itu perlu dilakukan upaya deteksi dini dan cegah dini guna mengantisiapasi setiap gangguan yang akan terjadi.

Sebelumnya, Sadali mengapresiasi kegiatan ini dalam rangka mencipatakan stabilitas nasional di wilayah Maluku khusunya di Saka Mese Nusa.

Dikatakan, pelaksanaan kegiatan ini sangat penting dan strategis dalam rangka meningkatkan pendektesian dan pencegahan serta peringatan untuk mengatisipasi ATGH di Maluku.

“Untuk itu diperlukan peran tokoh Agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh adat, para bhabinkamtibmas dan para Babinsa agar dapat bersinergritas menjaga keamanan.

“Tugas yang diemban oleh kita tidak mudah, saudara-saudara dituntut menjajdi mata-mata untuk setiap permasalahan yang terjadi sehingga dapat melaporkan kepada pimpinan guna mengambil langlah-lalngkkah antisiapsi.”

“Forum ini hendaknya menghasilkan beberapa ide atau tanggapan agar dapat secara maksimal melaksanakan tugas dilapangan sehingga nantinya akan berdampak positif dalam proses Pilkada nanti,” tambah Sadali menekankan point sambutan yang dibacakan.

Untuk diketahui, kegiatan Cegah dan Deteksi Dini dihadiri penjabat Bupati Kabupaten Seram Bagian Barat didampingi Sekretaris Daerah Alivin Tuasuun.

Hadir menjadi pemateri, Kepala Kesbangpol Provinsi Maluku Daniel Eduard Indey, Kabinda Maluku Marsma TNI R. Harys Soeryo Mahhendro, Kapolres SBB yang diwakili Wakapolres Kompol La Udin Taher.

Moderator dalam sesi Materi dan dialog langsung oleh Analis Kebijakan Ahli Muda Kesbangpol Provinsi Maluku, Firda Bin Yusuf.*** CNI-04

Exit mobile version