Site icon Cakra News

Ekonomi Warga Terancam, Akses Jembatan Menuju Ibu Kota Kabupaten SBT Lumpuh

Bula, CakraNEWS.ID– Ironisnya dibalik jalan beraspal hotmix yang berada di Desa Salagur Kota, Kecamatan Siritaun Wida Timur, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), sebagai penghubung jalan utama Lintas Seram. Ternyata ada jembatan yang terbuat dari batang pohon kelapa.

Dampak banjir bandang yang melanda beberapa daerah di Kabupaten SBT pada Selasa, 04 Juni 2024, masih meninggalkan sejumlah infrastruktur yang rusak parah, salah satunya Jembatan Wai Air Kemar Desa Salagur Kota.

Jembatan yang diperbaiki oleh warga setempat belum lama ini kembali ambruk diakibatkan hujan deras serta banjir pada beberapa waktu lalu. Hal itu mengakibatkan lumpuhnya akses transportasi utama bagi pengguna kendaraan baik roda dua maupun empat.

Robohnya jembatan darurat ini mengakibatkan perekonomian warga terancam. Dikarenakan satu-satunya jembatan yang menjadi jalur vital bagi masyarakat di wilayah sekitar.

Dari informasi yang dihimpun media ini, atas kejadian itu masyarakat di Desa Salagur Kota, memutuskan untuk tidak lagi membangun jembatan darurat seperti sebelumnya untuk dilewati kendaraan. Menurut warga, di lokasi ambruknya jembatan penghubung selebar enam meter sebagai jalur utama jalan Lintas Seram disebabkan sampai saat ini tidak ada perhatian serius dari Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum (PU).

Atas kejadian itu, Pj. Kepala Desa Salagur Kota Syarifudin Rumakey meninjau langsung lokasi ambruknya jembatan. Dalam tinjauan, sebagai sikap kepedulian terhadap negerinya Syarifudin mengambil langkah cepat dengan melakukan koordinasi bersama Dinas PU Kabupaten SBT untuk segera memperbaiki jembatan tersebut.

Syarifudin saat dimintai keterangan di Bula pada Sabtu (8/6/2024) menyampaikan, berkaitan jebolnya jembatan di wilayah desanya. Kades mengatakan, sebelumnya dirinya sudah menghubungi pihak terkait untuk segera di perbaiki.

Syarifudin mengatakan, pihak Dinas PU Kabupaten SBT akan membangun jembatan darurat yang terbuat dari besi dalam waktu dekat setelah dilakukan koordinasi bersama.

“Ini adalah jalan utama bagi masyarakat, saat saya berkoordinasi dengan Dinas PU pihak dinas menyampaikan untuk saat ini nantinya dilepaskan salah satu jembatan besi di Kobisonta untuk di pasang di jembatan Air Kemar Salagur Kota,” kata Rumakey kepada media ini usai melakukan koordinasi di Dinas PU SBT.*** CNI-04

Exit mobile version