Site icon Cakra News

Hadiri Peringatan HUT ke-79 TNI, Kapolda Berikan Kue Ultah dan Nasi Tumpeng

Ambon, CakraNEWS.ID— Kepala Kepolisian Daerah Maluku Irjen Pol Drs. Eddy Sumitro M.Si menghadiri upacara dan syukuran peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Tentara Nasional Indonesia yang digelar di Lapangan Merdeka, Kota Ambon, Sabtu (5/10/2024).

Pada momen tersebut, Kapolda Maluku memberikan kue ulang tahun kepada petinggi TNI dan nasi tumpeng kepada para veteran sebagai bentuk penghormatan atas jasa mereka.

Orang nomor 1 Polda Maluku ini juga menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kepada seluruh personel TNI khususnya di wilayah provinsi Maluku.

“Kami menyampaikan selamat hari ulang tahun kepada personel TNI. Kami berharap TNI semakin jaya, solid, dan selalu dicintai rakyat,” ucapnya.

Selain Kapolda, upacara dan syukuran HUT TNI dihadiri Forkopimda Maluku, Pj Gubernur Maluku, Kasdam XV/Pattimura, Danlantamal IX/Ambon, Danlanud Pattimura, dan Wakajati Maluku.

Turut hadir Wakapolda Maluku, Hakim Adhoc Pengadilan Tinggi Ambon, Danguspurla Koarmada III, Kabakamla Zona Maritim Timur, pejabat TNI dan Polri dan stakeholder lainnya.

Dalam upacara HUT TNI, Kasdam XV/Pattimura, Brigjen TNI Nefra Firdaus, S.E., M.E bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup). Ia membacakan amanat Panglima TNI yang menyoroti peran penting TNI dalam menjaga kedaulatan negara serta mengawal suksesnya suksesi kepemimpinan nasional.

Kasdam mengaku tema yang diusung dalam peringatan HUT TNI tahun ini yaitu “TNI Modern Bersama Rakyat, Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional untuk Indonesia Maju”. Tema ini mencerminkan cita-cita besar TNI sebagai institusi yang profesional, modern, dan responsif dalam menghadapi tantangan global.

Kasdam juga mengajak seluruh prajurit TNI untuk terus meningkatkan kualitas diri, baik dari segi kemampuan tempur maupun inovasi dalam menjalankan tugas-tugas kemiliteran.

“TNI harus diawaki oleh sumber daya manusia yang berintegritas, inovatif, dan tangguh dalam menghadapi dinamika global. Ini penting agar kita dapat menjaga keutuhan bangsa dan memberikan kontribusi di level internasional,” tegasnya.

Beberapa pesan penting Panglima TNI yang disampaikan dalam peringatan tersebut diantaranya; Perkuat keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa; Tingkatkan solidaritas antara TNI dan rakyat; Perkuat profesionalisme dan kualitas sumber daya manusia dalam menghadapi tantangan global; Jalin koordinasi yang baik dengan pemerintah daerah dan instansi terkait untuk menyukseskan Pilkada yang aman dan tertib; Laksanakan tugas dengan keikhlasan, serta hindari segala bentuk pelanggaran.

Upacara peringatan HUT TNI ditutup dengan suasana penuh kebersamaan antara TNI, Polri, dan seluruh tamu undangan. Momentum ini menjadi refleksi atas dedikasi dan integritas TNI dalam menjalankan tugasnya sebagai garda terdepan pertahanan negara, demi mewujudkan Indonesia yang lebih maju dan berdaulat.*** CNI-04

Exit mobile version