Hari Koperasi Nasional 2024, Sejarah Perjalanannya di Indonesia

Adventorial Sejarah dan Legenda

Ambon, CakraNEWS.ID– Setiap 12 Juli, masyarakat Indonesia memperingati Hari Koperasi Indonesia. Peringatan ini dilakukan untuk mengingatkan masyarakat agar senantiasa menghidupkan koperasi sebagai upaya demi mewujudkan kesejahteraan bersama.

Buku berjudul Pengetahuan Perkoperasian (1977) yang ditulis Dahlan Djazh menjelaskan, penetapan itu berdasar pada tanggal pelaksanaan Kongres Nasional pertama yang digelar pergerakan koperasi di Indonesia tepatnya 12 Juli 1947 di Tasikmalaya.

Penjelasan itu juga tercatat dalam buku “Garis-garis Besar Rectjana Pembangunan Lima Tahun 1956-1950 terbitan Biro Perantjang Negara” dan dicetak oleh Percetakan Negara.

Kongres pertama itu juga menghasilkan keputusan lain yaitu dibentuknya SOKRI Sentral Organisasi Koperasi Rakyat Indonesia) sekaligus membentuk pengurusnya.

Tasikmalaya menjadi lokasi kongres karena pada saat itu Kota Bandung kembali diduduki Belanda tak lama setelah kemerdekaan.

Maka dari itu didirinkanlah Tugu Koperasi di dekat lokasi penyelenggaraan kongres pertama. Itu dilakukan sebagai penegasan bahwa pergerakan koperasi di Indonesia secara nasional dibentuk di bawah naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Perkembangan koperasi pasca kongres pertama tidak begitu mengalami percepatan dan cenderung tidak stabil karena adanya pergolakan kontra Belanda untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia

Namun begitu, kongres kedua dapat dilakukan pada 15-17 Juli 1953 dan menetapkan Mohammad Hatta sebagai Bapak Koperasi Indonesia. Bapak Proklamator Indonesia ini dianggap memberikan kontribusi dan jasa yang besar bagi perkembangan perekonomian Indonesia.

Hal itu juga berkat pidato Hatta pada peringatan Hari Koperasi Nasional pada 12 Juli 1951. Kedudukan koperasi kemudian semakin kuat dengan adanya badan hukum menurut UU No. 12 Tahun 1967.

Koperasi disebut sebagai organisasi ekonomi rakyat yang berwatak sosial, beranggotakan orang-orang atau badan hukum dengan tata susunan ekonomi sebagai usaha bersama serta berdasarkan asas kekeluargaan.

PERINGAN HARI KOPERASI NASIONAL 2024

Tema dan Logo Hari Koperasi Indonesia ke-77 Pada tahun 2024 menjadi peringatan yang ke-77. Pemerintah Indonesia mengusung tema “Koperasi Maju, Indonesia Emas” yang memiliki sub tema yaitu “Memasuki Era Industrialisasi Koperasi, Menyongsong 100 Tahun Indonesia Emas”.

Tema tersebut bermakna mengibarkan semangat dalam menyongsong cita-cita Indonesia Emas 2045 serta meningkatkan koperasi di Indonesia agar terus berkembang dan maju.

Logo Hari Koperasi Indonesia yang ke-77 dapat diunduh secara gratis pada situs resmi Dewan Koperasi Indonesia (DEKOPIN) melalui tautan berikut: https://dekopin.coop/dekopin/PANHARKOP-77 |  (https://dekopin.coop/dekopin/PANHARKOP-77

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *