HUT Ke-79 TNI Berlangsung Meriah di Bumi Raja Raja

Adventorial News

Ambon, CakraNEWS.ID– TNI hadir menjalankan amanah sebagai garda terdepan, sekaligus benteng terakhir NKRI selama 79 tahun, hari ini dengan penuh khidmat, segenap Prajurit Tri Marta di seluruh Indonesia menggelar upacara peringatan HUT ke-79 TNI, termasuk yang menduduki bumi raja raja baik di Maluku maupun Maluku Utara turut merayakan di wilayah masing-masing.

Bagi prajurit TNI yang berada di wilayah Maluku, khususnya pulau Ambon memeriahkan HUT ke-79 TNI terpusat di Lapangan Merdeka, Sabtu (5/10/24).

Dalam perayaan HUT di Ambon kali ini, Pangdam XV/Pattimura Mayjen TNI Putranto Gatot Sri Handoyo, S.Sos., M.M., tidak bisa hadir, karena melaksanakan tugas kehormatan sebagai pengucap Sapta Marga dalam upacara HUT TNI yang diselenggarakan di Monas, Jakarta Pusat.

Sehingga, Kasdam XV/Pattimura, Brigjen TNI Dr. Nefra Firdaus, S.E., M.M., menggantikan Pangdam sebagai Inspektur Upacara dalam perayaan HUT TNI di Maluku. Sedangkan, yang bertindak sebagai Komandan upacara yaitu, Letkol Pom Made Oka Dharmayasa, M.Han.

HUT TNI ini, Turut dihadiri, Pj Gubernur Maluku Ir. Sadali Ie, M.Si., I.P.U., Kapolda Maluku Irjen Pol Eddy Sumitro Tambunan, S.I.K., Danlantamal IX/Ambon Brigjen TNI (Mar) Suwandi, S.A.P., M.M., Danlanud Pattimura Kolonel Pnb Jhonson Henrico Simatupang, M.Han., Kabinda Maluku Brigjen Pas R. Haris Soeryo Mahendra, Kabakamla Zona Maritim Timur Laksma Agam Endrasmoro, Danrem 151/Binaiya Brigjen TNI Antoninho Rangel da Silva, S.I.P., M.Han., Kepala BNN Maluku Brigjen Pol Deni Dharmapal, PJU Kodam XV/Pattimura, Lantamal IX/Ambon, Lanud Pattimura dan Polda Maluku, serta tamu undangan lainnya.

Dalam amanat Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subianto, S.E., M.Si., yang di bacakan Kasdam, mengatakan, peringatan HUT kali ini mengambil tema “TNI Modern Bersama Rakyat Siap Mengawal Suksesi Kepemimpinan Nasional Untuk Indonesia Maju”. Tema tersebut sangat relevan dalam merefleksikan cita-cita, semangat dan tujuan TNI sebagai prajurit yang profesional, responsif, integratif, modern, dan adaptif dalam menjaga dan mengawal kelangsungan hidup bangsa dan negara.

“Makna yang terkandung dalam tema tersebut adalah, bahwa Prajurit TNI sebagai pilar Pertahanan Negara memiliki peran dan kontribusi dalam menjaga kedaulatan, keutuhan wilayah NKRI, serta mendukung pembangunan nasional dan ketahanan negara dalam perwujudan Indonesia maju, “ungkapnya.

Ungkapan apresiasi yang tulus juga di sampaikan kepada Bapak Presiden RI Ir. H. Joko Widodo, atas dedikasi dan kerja kerasnya selama 10 tahun memimpin Republik Indonesia. Menurut Panglima TNI, selama masa kepemimpinannya, telah banyak berkontribusi dan berjuang untuk kemajuan Tentara Nasional Indonesia (TNI). Berbagai prestasi dan pencapaian telah ditorehkan untuk memperkuat pertahanan dan keamanan negara. Kepemimpinan Bapak benar-benar menginspirasi prajurit-prajurit TNI untuk terus berkarya demi kejayaan bangsa.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas segala upaya dan pengabdian selama ini. Semoga pengalaman dan pembelajaran yang Beliau berikan, dapat terus menjadi teladan bagi generasi penerus kepemimpinan TNI. Kami dengan antusias menyambut Bapak Jenderal TNI (Purn) Prabowo Subianto sebagai Presiden Republik Indonesia terpilih. Kami yakin pada masa kepemimpinan Beliau, TNI akan semakin kuat dan disegani, “ungkapnya.

Dalam perayaan HUT TNI tersebut, disaksikan ribuan warga kota Ambon dan dimeriahkan dengan berbagai demonstrasi, mulai dari Kolone Senapan, beladiri prajurit pria dan wanita, pembebasan tawanan, defile pasukan upacara dan Alutsita, Ratusan hadiah Doorprize serta panggung prajurit yang sangat menghibur.*** CNI-04

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *