Kanwil KumHam Maluku Kunjungi Ditjen AHU

Adventorial News

KOORDINASI LAYANAN AHU DI WILAYAH, KANWIL KUMHAM MALUKU KUNJUNGI DITJEN AHU

Jakarta, CakraNEWS.ID– Bergerak cepat dalam menindaklanjuti dan menyelesaikan berbagai permasalahan Administrasi Hukum Umum di Wilayah, Kanwil Kemenkumham Maluku mengunjungi Direktorat Jenderal AHU untuk melakukan koordinasi layanan Kenotariatan dan Kewarganegaraan, Rabu(31/07/2024).

Kunjungan ini dikoordinatori oleh Kadiv Pelayanan Hukum dan HAM, Ernie Nurhayanti Toelle mewakili Kakanwil Kemenkumham Maluku, Hendro Tri Prasetyo yang diterima langsung oleh Ketua Tim Peningkatan layanan informasi data notaris, pembinaan, dan pengawasan notaris serta tim dari Direktorat Tata Negara.

Dijelaskan oleh Yanti bahwa permasalahan yang dibawa adalah perihal Pemegang Protokol notaris, notaris yang melanggar tugas dan fungsi, dan pengaduan dari masyarakat yang meminta salinan akta kepada notaris yang sudah pensiun. Sementara permasalahan kewarganegaraan yang dibahas terkait Salinan Berita Acara Sumpah Kewarganegaraan.

Dari permasalahan-permasalahan yang disampaikan, dijelaskan bahwa sesuai dengan kapasitasnya didapat hasil bahwa penolakan pemegang protokol notaris yang telah ditetapkan dengan SK Menkumham akan menjadi pembahasan dengan MPPN untuk tindakan lebih lanjut.

Selanjutnya terkait pemberian sanksi notaris yang tidak menjalankan tugas dan fungsinya, sementara dalam tahapan pembahasan oleh MPPN.

Pelantikan MPWN untuk menindaklanjuti permasalahan notaris yang telah melalui pemeriksaan MPDN yang semestinya sudah ditindaklanjuti oleh MPWN akan menjadi prioritas. Sementara itu terkait permintaan sinkronisasi data Notaris untuk wilayah Maluku telah dilakukan 100%.

Koordinasi selanjutnya terkait permintaan Salinan Berita Acara Sumpah (BAS) WNA disarankan agar pemohon membuat permohonan secara tertulis kepada pihak Pengadilan Negeri untuk memperoleh salinan BAS.

Ikut hadir mendampingi Kadiv Pelayanan Hukum dan HAM, Ernie Nurhayanti Toelle adalah Kasubbid Pelayanan AHU, Rapin Rumakat dan staff di subbidang AHU dan Humas Kanwil Kumham Maluku.*** CNI-04

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *