Site icon Cakra News

Kumham Maluku Maluku Pastikan Kelancaran Pemeriksaan Keimigrasian Haji Kloter 27

Ambon, CakraNEWS.ID- Kanwil Kemenkumham Maluku melalui Divisi Keimigrasian dan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Ambon menunjukkan komitmennya dalam mendukung kelancaran ibadah haji dengan memastikan kelancaran pemeriksaan keimigrasian bagi 447 Jamaah Haji Kloter 27 Embarkasi Haji Antara Maluku.

Untuk memastikan keamanan dan kelancaran Jamaah selama melaksanakan Ibadah Haji, Petugas Kanim Ambon melakukan pemeriksaan dua tahap, yakni di Aula Asrama Haji Waiheru Ambon dan di Bandara Pattimura Ambon. Sedianya kloter 27 ini akan berangkat dari Bandara Pattimura Ambon ke Bandara Sultan Hasanuddin Makassar pada Pukul 12.40 WIT dan melanjutkan penerbangan GA1127 menuju Jeddah pada Jumat, 31 Mei 2024 Pukul 20:05 WITA.

Sebelum menaiki bus menuju Bandara Pattimura Ambon, jamaah menjalani pemeriksaan dokumen keimigrasian di Aula Asrama Haji Waiheru.

Pengecekan dokumen dimaksud diantaranya, memastikan paspor jamaah masih berlaku minimal 6 bulan setelah tanggal kembali dari ibadah haji, memastikan visa haji jamaah sesuai dengan negara tujuan, yaitu Arab Saudi, memastikan kartu embarkasi haji jamaah telah diisi dengan benar dan lengkap, serta petugas imigrasi juga memberikan penjelasan singkat mengenai tata cara keimigrasian di Tanah Suci, seperti pengisian kartu kedatangan dan keberangkatan haji.

Setibanya di Bandara Pattimura Ambon, jamaah kembali menjalani pemeriksaan dokumen keimigrasian di counter khusus yang telah disediakan. Pemeriksaan ini dilakukan untuk memastikan kembali bahwa jamaah memiliki dokumen yang sah dan lengkap sebelum berangkat ke Tanah Suci.

Perlu diketahui, terjadi penurunan jumlah jamaah dari 449 jamaah pada Pemeriksaan Keimigrasian di Asrama Haji Waiheru menjadi 447 jamaah haji di Bandara Pattimura karena terdapat 2 jamaah yang batal berangkat karena sakit di pagi hari keberangkatan.

Tidak hanya memastikan kelancaran pemeriksaan keimigrasian di dua lokasi tersebut, Sesuai Intruksi Kakanwil Kemenkumham Maluku Hendro Tri Prasetyo, Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Maluku juga melakukan beberapa upaya ekstra untuk mendukung kelancaran ibadah haji Kloter 27 dengan berkoordinasi dengan instansi terkait.

Kakanwil Kemenkumham Maluku Hendro Tri Prasetyo kepada pewarta menyampaikan bahwa Kanwil Kemenkumham Maluku berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi jamaah haji dalam hal pemeriksaan keimigrasian.

“Kami ingin memastikan bahwa jamaah haji dapat berangkat dengan tenang dan tanpa rasa khawatir,” ujar Hendro Tri Prasetyo.

“Harapannya seluruh jamaah haji dapat menjalankan ibadah haji dengan lancar dan mabrur, diberikan kesehatan dan keselamatan selama di Tanah Suci hingga kembali ke Tanah air,” tandasnya.*** CNI-04

Exit mobile version