Kumham Maluku Peringati Hari Lahir Pancasila Tahun 2024

Adventorial News

KUMHAM MALUKU PERINGATI HARI LAHIR PANCASILA “PANCASILA JIWA PEMERSATU BANGSA MENUJU INDONESIA EMAS 2045

Ambon, CakraNEWS.ID– Peringatan Hari Lahir Pancasila menjadi momentum penting untuk kembali membangkitkan semangat nasionalisme dan memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa. Hal ini ditegaskan oleh Kakanwil Kemenkumham Maluku Hendro Tri Praasetyo saat membacakan Pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Yudian Wahyudi saat menjadi Inspektur Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila di Rooftop Kantor Wilayah Kemenkumham Maluku, Sabtu (01/06).

Hendro Tri Prasetyo menekankan pentingnya Pancasila sebagai pemersatu bangsa dan sebagai landasan untuk mencapai kemajuan Indonesia.

“Kita memperingati Hari Lahir Pancasila tahun ini dengan mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”. Tema ini mengingatkan kita bahwa Pancasila adalah perekat yang mempersatukan kita sebagai bangsa yang majemuk. Pancasila juga menjadi bintang penuntun yang akan membawa kita menuju cita-cita Indonesia Emas 2045,” tegas Hendro.

Lebih lanjut, Hendro juga menyerukan kepada seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama membumikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dengan semangat kebangsaan yang tinggi.

Menurutnya Peringatan Hari Lahir Pancasila ini menjadi momentum Kanwil Kemenkumham Maluku untuk terus berkomitmen menegakkan nilai-nilai Pancasila dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Kanwil Kemenkumham Maluku juga mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan melestarikan Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa Indonesia.

Pelaksanaan upacara bendera peringatan Hari Lahir Pancasila kali ini semakin semarak dengan penggunaan pakaian adat oleh seluruh peserta upacara. Hendro Tri Prasetyo, selaku Inspektur Upacara, tampak gagah dalam balutan baju adat Sumatera Selatan. Sementara itu, para peserta upacara lainnya mengenakan berbagai macam pakaian adat nasional dari berbagai daerah di Indonesia. Perpaduan warna dan corak yang beragam ini secara visual merepresentasikan semangat Bhinneka Tunggal Ika, salah satu nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila.*** CNI-04

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *