Lekransy Pimpin Rakor Dewan “Smart City” Kota Ambon Tahap I

Adventorial News

PEMKOT GELAR RAKOR DEWAN SMART CITY

Ambon, CakraNEWS.ID– Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, menggelar “Rapat koordinasi Dewan Smart City Tahap I” melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfo Sandi).

Kegiatan itu dipusatkan di ruang rapat Darwin, Lantai II Balai Kota, Selasa (4/06/2024).

Saat membuka kegiatan dimaksud, Plt. kepala Diskominfo, Ronald Lekransy menjelaskan bahwa Rapat Evaluasi Dewan Smart City mesti merupakan bagian dari program rutin yang mestinya dilakukan dalam mengevaluasi pelaksanaan program/kegiatan yang terakumudir di dalam master plan smart city Kota Ambon tahun berjalan.

“Jadi program smart city ini melibatkan banyak unsur. Tahun ini kita akan melakukan evaluai khususnya kegiatan smart city di tahun 2023, sekaligus merupakan fase akhir pelaksanaan master plane 2019-2024,” ungkapnya.

Dirinya menambahkan, dalam rangka membicarakan smart city, paling sedikit ada tiga elemen besar yang harus diperhatikan guna mengimplementasikan smart city pada kota yang memiliki brand “Ambon City of Music” ini.

“Tiga elemen besar itu menurutnya , adalah soal integrasi seluruh dimensi pelayanan, kemudian soal bagaimana partisipasi pemerintah, masyarakat dan dunia , serta pemanaaatan teknologi informasi dalam pelaksanaan pelayanan public, yang diharapkan berimplikasi pada terbangunnya kota yang aman, nyaman dan Lestari untuk warga,” jelasnya.

Untuk diketahui, yang dibahas dala rapat evaluasi dimaksud antara lain,Dimensi Smart Governance mencakup kegiatan/program pada badan/dinas Disdukcapil, BPPRD, DPMPTSP, dan Diskominfo. Sedangkan Dimensi Smart Branding mencakup program/kegiatan Dinas Pariwisata dan AMO mencakup ; Pemasaran Parawisata, kegiatan live music sudut kota, festival panas pela dan gandong, festival lorong budaya, promosi wisata kuliner di Tapalkuda, Airsalobar. Dan program unggulan AMO mencakup Aksilerasi Inkubasi Kreatif Beyond Musik, Launching Destinasi Wisata Sunset, Konser Riu Rhythm “ Sound Of Spice”, Musican Goas To School dan Hutan Kota.

Dimensi Smart Economic program berjalan milik dinas Disperindag, Dinas Pertanian, Dinas Perikanan, Dinas Koperasi. Smart Society (DP3AMD, Dinas Pendidikan, inas Sosial, Dinas Perputakaan). Smart Living (Dinas kesehatan, Dinas Perhubungan, DPPKB, PRKP). Smart Environment program kegiatan Dinas Lingkungan Hidup.
Rapat Evaluasi Dewan smart City ini melibatkan Unsur Akademisi, para mitra teknis, dan OPD teknis terkait yang dihadiri langsung oleh para kepala dinas antara lain Kadis Kesehatan, Kadis Sosial , Kadis Dispenda, Pejabat Eeselon 3,4, pejabat Fungsional dan staf dari Bapeda Litbang, Koperasi, Lingkungan Hidup, DP3MD, DPMPTSP, BPMPKB, Perpusatakan, Pertanian, Pariwisata.

Untuk diketahui, turut hadir dalam kgiatan tersebut Lembaga Penelitian Pengembangan masyarakat (LPPM) Unpatti Prof. M. Salakori , sekretaris LPPM , serta direktur Ambon Musick Office (Amo) Ronni Loppies, dan unsur penyusunan dokumen master plane Smart City.*** CNI-04

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *