Lulusan Terbaik Akpol 89; Ini Profil Kapolda Maluku yang Baru, Irjen Pol Eddy Sumitro Tambunan

Adventorial News

Ambon, CakraNEWS.ID– Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi perwira tinggi (Pati) Polri. Dalam kebijakan teranyar ini, Kapolri mengangkat enam Pati Polri sebagai Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda).

Mutasi tersebut tertuang dalam Surat Telegram Nomor: ST/VII/KEP/2024 yang ditandatangani oleh ASDM Irjen Pol Dedi Prasetyo pada Jumat, 26 Juli 2024. Dalam mutasi tersebut, total ada 157 perwira Polri yang dimutasi.

Mereka selanjutnya akan mengemban tugas dan tanggung jawab baru sesuai dengan jabatan yang ditempatinya. Salah satu perwira yang dimutasi Koorsahli Kapolri Irjen Pol Eddy Sumitro Tambunan diangkat menjadi Kapolda Maluku gantikan Irjen Pol Lotharia Latif.

Karier Irjen Eddy Sumitro sudah malang melintang di dalam kepolisian tanah air dengan berbagai jabatan strategis yang pernah diembannya di Korps Bhayangkara. Ia lahir 27 Agustus 1967 dan merupakan lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1989.

Sebelum jadi Kapolda Maluku, Irjen Eddy mengemban jabatan sebagai Koordinator Staf Ahli (Koorsahli) Kapolri sejak Desember 2023. Sepanjang kariernya, ia juga pernah menjabat sebagai Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Jawa Barat.

Irjen Eddy Sumitro memiliki latar belakang pendidikan yang solid, termasuk PTIK (1997), Sespim Polri (2003), Sespimti Polri (2012), International Crime USA (2000), Post Blast Course USA (2000).

Kemudian Combating Domestic Transnational Course Ilea Bangkok (2006), dan Financial Criminal in Police Academy Apeldoorn Belanda (2008). Jabatan lain yang pernah diembannya antara lain adalah Kapolres Surabaya Utara.

Lalu Analis Kebijakan Madya Bidang Pidum Bareskrim Polri (2012), dan Kabagrenops Robinops Sops Polri (2014). Karier Irjen Eddy Sumitro makin cemerlang setelah ia didapuk menjadi Dirbinmas Polda Metro Jaya pada tahun 2016. Pada tahun 2019, ia diangkat menjadi Wakapolda Kalimantan Timur (Kaltim).

Satu tahun kemudian, Eddy Sumitro ditunjuk untuk mengisi jabatan sebagai Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) Jawa Barat. Setelah itu, ia dimutasi menjadi Widyaiswara Kepolisian Utama Tk. I Sespim Lemdiklat Polri pada tahun 2021. Barulah di akhir tahun 2023, Irjen Eddy Sumitro Tambunan diangkat sebagai Koorsahli Kapolri. Dengan pengalaman dan rekam jejak yang panjang, Irjen Eddy Sumitro Tambunan kini diharapkan dapat menjalankan tugasnya dengan baik sebagai Kapolda Maluku membawahi 8 Kepolisian Resort (Polres), 76 Polsek dan 6 Polsub Sektor.***

Artikel ini telah diterbitkan di halaman SINDOnews.com pada Sabtu, 27 Juli 2024 – 14:24 WIB | oleh Abdullah M Surjaya dengan judul “Profil Irjen Pol Eddy Sumitro, Kapolda Maluku Baru Lulusan Terbaik Akpol 89 | https://daerah.sindonews.com/read/1423937/174/profil-irjen-pol-eddy-sumitro-kapolda-maluku-baru-lulusan-terbaik-akpol-89-1722064030?showpage=all

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *