Site icon Cakra News

Mengenal Lebih Dalam Sosok Widya Pratiwi Murad

Ambon,, CakraNEWS.ID– Widya Pratiwi Murad, perempuan tangguh yang siap dilantik menjadi Anggota DPR RI periode 2024-2029 pada 1 Oktober 2024.
Widya Pratiwi yang kini menjabat sebagai Ketua DPW PAN Maluku ini mulus ke Senayan dengan perolehan suara terbanyak 163.315, dengan perolehan suara Partai sebanyak 3.968 dan suara total 178.770.

Perolehan suara yang diraih oleh istri dari Irjen Pol (Purn) Drs H Murad Ismail, SH.MH mantan Gubernur Maluku periode 2019-2024 mengalahkan para wakil rakyat petahana. Banyak yang mengatakan, kalau di balik suksesnya seorang laki-laki pasti ada wanita dibelakangnya. Sudah banyak kisah yang telah membuktikan ini, misalnya kisah di balik kesukseksan Bapak Habibie ada sosok ibu Ainun.

Sosok inilah yang dimiliki Widya Pratiwi Murad yang humanis, tangguh dan peduli terhadap sesama, dapat menjadi inspirasi knusus bagi kaum perempuan dan anak siap untuk membawa aspirasi masyarakat Maluku di Senayan.

Sosok istri dan ibu Kelahiran, Jakarta, 28 April 1970 ini tak pernah mengenal lelah. Ditengah kesibukannya, iapun tak pernah lengah padahal sejumlah jabatan dan gelar yang disandangnya begitu berat.

Jenjang kariernya yang luar biasa sejak mendampingi sang suami Irjen Pol (Purn) Drs. H Murad Ismail, SH. MH ketika masih berdinas di kepolisian di Polda Maluku hingga Markas Komandan Brimob Polri di Jakarta, sebagai Ketua Bhayangkari Brimob dan kembali menjadi Ketua TP PKK Provinsi Maluku.

Banyak peran diambil sebagai Ketua Tim PKK Provinsi Maluku Duta Parenting, Ketua Dekranasda, Ketua Kwarda Maluku, Bunda PAUD Maluku, Ina Latu Maluku, Bunda Literasi, Ketua Kormi Maluku dan sejumlah peran lainnya.

Ketua TP PKK Maluku

Sejak dirinya dilantik sebagai Ketua Tim Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Maluku 2019 Lalu, Widya menjalankan amanah dengan penuh cinta. Mulai dari turun melihat para anak-anak penderita kunker diberbagai wilayah Maluku bersama dinas-dinas terkait.

Widya bergerak mengajak ibu-ibu PKK mewujudkan 10 program PKK di tiap kabupaten/kota di Maluku.

Kendati demikian, ditahun 2019 Maluku diperhadapkan dengan gempa bumi berkekuatan magnitudo 6,5 yang mengguncang Pulau Ambon dan sekitarnya tepatnya, Kamis (26/9/2019), namun Widya Pratiwi tidak diam, dengan segala kemampuan, kekuatan yang dimiliki ia tetap semangat dan turun mewujudkan program PKK.

Belum usai dengan musibah Gempa, tahun 2020 pandemi covid-19 melanda. Akan tetapi sepanjang tahun 2020 saat kebebasan kita dibatasi, ada sosok Martha Christina Tiahahu pada diri Widya Pratiwi Murad, meski dirinya bukan berdarah Maluku tetapi tak kenal menyerah.

Kerja keras membuahkan hasil, dan atas pengabdiannya selama menjabat sebagai Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Maluku Masa Bakti 2019-2024, Widya Pratiwi Murad menerima penghargaan atas Karya Bakti dan Pengabdian selama menjabat yang diserahkan langsung Ketua Umum TP PKK Ny. Tri Tito Karnavian, Senin (27/5/2024) di Kantor Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Pada kesempatan itu Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian dalam sambutannya, menyampaikan kepada para Ibu-Ibu Ketua TP-PKK yang baru dilantik, untuk aktif menggerakan PKK di tingkat Kabupaten/Kota, dengan mencontohi Ibu Widya Pratiwi Murad.

“Semenjak menjadi Ketua TP PKK, Ibu Widya sangat aktif sekali di Maluku, dan disana kepercayaan publik sangat tinggi kepadanya, sehingga dipercaya oleh rakyat Maluku dan menjadi Wakil Pemerintah Provinsi di Tingkat Nasional dengan menjadi anggota DPR RI Teripilih,” ucap Mendagri.

Duta Parenting

Widya Pratiwi Murad juga sebagai Duta Perangi Stunting (Parenting). Sebagai duta parenting, Widya Pratiwi berkolaborasi dengan semua dinas terkait mulai dari Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Dinas Kesehatan, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan dan sejumlah dinas lainnya langsung melakukan kolaborasi pemerintah dan masyarakat di Maluku melalui berbagai inovasi dalam mengintervensi permasalahan stunting.

Saat itu angka stunting di Provinsi Maluku kemudian mengalami penurunan sebanyak 2,6 persen. Pada tahun 2021 sebesar 28,7 persen menjadi 26,1 persen. Angka itu berdasarkan data Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) tahun 2022.

Sebagai Duta Parenting di Maluku itulah, Widya yang juga sebagai Wakil Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Provinsi Maluku, cukup berbesar hati dan tetap bekerja keras dengan segala kemampuan yang dimilikinya.

Ketua Kwarda Pramuka Maluku

Widya Pratiwi Murad juga mengemban tugas sebagai Ketua Kwartir Daerah Maluku. Pramuka Maluku ditangan Widya Pratiwi Murad banyak mengalami kemajuan dan prestasi.

Buktinya pada Selasa (16/4/2024), memiliki kantor baru dan megah. Kantor Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Provinsi Maluku diresmikan langsung kala itu oleh Gubernur Maluku yang terletak di Kawasan Karang Panjang Ambon.

Bukan hanya itu, Widya pun memimpin 16 Perwakilan Kwarda Maluku mengikuti Jambore Pramuka Dunia ke-25 (25th World Scout Jambore) di SaeManGeum Korea Selatan, pada 1-12 Agustus 2023.

Tak cukup hanya itu, Ketua Kwartir Daerah Maluku, Kak Widya Pratiwi Murad juga dilantik menjadi Pengurus Kwartir Nasional Gerakan Pramuka periode 2023-2028 sebagai Koordinator Wilayah Bali, NTB, NTT, Maluku dan Maluku Utara. Pelantikan itu dilakukan oleh Presiden RI Joko Widodo dari Istana Negara secara hybrid.

Kepercayaan yang luar biasa yang diberikan kepada Widya Pratiwi Murad dan iapun mampu menjalankannya dengan baik. Hingga pada akhirnya Kwarda Gerakan Pramuka Provinsi Maluku berhasil meraih penghargaan tunggul Kwarda Tergiat Il Wilayah Regional 4 (Maluku – Papua).

Penghargaan ini diterima langsung oleh Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Maluku Widya Pratiwi saat pembukaan Musyawarah Nasional (Munas) XI Gerakan Pramuka tahun 2023 yang dipusatkan di Provinsi Aceh. Munas tersebut dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Dito Ariotedjo di Balai Meuseuraya Aceh, Banda Aceh, Sabtu (2/12/2023).

Penghargaan berupa Tunggul kwarda Gerakan Pramuka Tergiat yang diterima Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Maluku ini merupakan penghargaan yang diberikan sebagai bentuk apresiasi atas pelaksanaan program kegiatan dan prestasi kerja yang diraih oleh kwarda.

Masih ada pula peran lain sebagai Bunda Literasi Provinsi Maluku. Sosok Widya Pratiwi Murad ini pun peduli dengan literasi di Maluku dan sejumlah kegiatan diantaranya melaunching Literasi Digital Madrasah Tahun 2023 yang merupakan program Kantor Kementrian Agama Provinsi Maluku dan dipusatkan di Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Tulehu, Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah.

Tak sebatas itu Widya Pratiwi juga dipercayakan memimpin organisasi keolahragaan sebagai Ketua Ketua Umum Pengurus Provinsi Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Provinsi Maluku periode 2022-2026 dan Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Provinsi Maluku masa bakti 2022-2026.

Ditangan Widya Pratiwi Murad, Bola Voli Maluku akhirnya terangkat kembali, bahkan event nasional bola Voli digelar di Maluku. PBVSI Maluku dipercayakan menjadi tuan rumah kualifikasi Bola Voli Indoor Pra-Pekan Olahraga Nasional (PON) untuk wilayah Indonesia Timur, 15-20 September 2023. Dan juga tuan rumah Kejuaraan Bola Voli Kapolri Cup tahun 2023 yang digelar di zona 7 meliputi Provinsi Maluku, Maluku Utara, Papua dan Papua Barat.

Masih banyak lagi tugas dan tanggung jawab dipundak seorang Widya Pratiwi Murad dan satu persatu dijalankan dengan baik. Kini sosok Widya Pratiwi Murad akan lebih banyak berada di Jakarta sebagai anggota DPR RI, namun tekad dan komitmennya tidak akan pernah pudar untuk masyarakat Maluku tercinta.

Sepenggal kalimat dan kata disampaikan oleh Widya Pratiwi Murad mengakhiri tulisan ini untuk masyarakat Maluku tercinta.

“Saya, Widya Pratiwi Murad menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat Maluku yang telah memberikan suaranya, memberikan kepercayaan menjadi anggota DPR RI, saya mohon dukungan doa dan mari berjuang bersama-sama untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat Maluku,” pinta Widya Pratiwi Murad.*** CNI-04

Exit mobile version