Site icon Cakra News

Menuju Puncak Hari Kemerdekaan, Pj. Wali Kota Terima Duplikat Bendera Pusaka

Jakarta, CakraNEWS.ID–  Pj. Wali Kota Ambon, Dominggus N. Kaya menerima duplikat Bendera Pusaka, dan Salinan teks Proklamasi dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), di Balai Samudera Kelapa Gading, Jakarta, Rabu (7/8/24).

Kaya yang ditemui di sela – sela kegiatan menjelaskan, distribusi duplikat Bendera Pusaka Merah Putih putih tersebut, didasarkan pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 51/2022 tentang Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka.

“Jadi kita menerima bendera pusaka bersamaan dengan salinan teks proklamasi dan ada buku panduan sebagai bahan pembelajaran untuk anak-anak sekolah,” ujarnya.

Dirinya menjelaskan, duplikat bendera dan salinan teks proklamasi akan digunakan dalam upacara kemerdekaan RI 17 Agustus mendatang di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon.

“Harapannya nanti akan dikibarkan di masing-masing daerah termasuk di Kota Ambon pada saat tanggal 17 Agustus  sekaligus pembacaan teks Proklamasi dengan salinan teks yang kita terima itu,” ungkapnya

Menurut Kaya, pendistribusian duplikat Bendera Pusaka pusaka dan salinan teks Proklamasi ini akan diserahterimakan kepada pimpinan daerah defenitif selanjutnya.

Duplikat bendera tersebut, lanjutnya, juga diharapkan dapat digunakan hingga 10 tahun kedepan.

“Ketika nanti hasil Pilkada 2024 ini ada Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang baru maka salah satu yang akan saya serah terimakan selain memori jabatan adalah  duplikat bendera beserta dengan teks proklamasi,” terangnya.

Sebelumnya, Sekretaris Dewan Pengarah BPIP, Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya dalam penyerahan, meminta agar para Bupati dan Wali Kota dapat mensosialisasikan ideologi Pancasila hingga ke desa-desa.

Dia menekankan, sebagai ideologi bangsa Pancasila bukan sekedar untuk dihafal, tetapi harus diamalkan.

“Hari ini dengan duplikat Bendera Merah Putih, teks proklamasi, pidato 1 Juni dan buku teks utama Pancasila, hendak kita sosialisasikan dari pusat hingga ke daerah,” tandasnya

Untuk diketahui turut mendampingi pj.wali kota Ambon dalam kegiatan ini yakni kepala Badan Kesbangpol Kota Ambon, Aldrin Parinussa, bersama salah satu purna paskibraka kota Ambon.*** CNI-04

Exit mobile version