Site icon Cakra News

Papar Delapan Misi, MALUKU MAJU Umumkan Struktur Tim Pemenangan Kamapanye Koalisi

Ambon, CakraNEWS.ID– Tim Pemenangan Kampanye Koalisi (PKK) Maluku Maju Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku, Murad Ismail (MI) – Michael Wattimena (MW), resmi mengumumkan struktur Tim PKK Maluku Maju sesuai Surat Keputusan Nomor: 016/T.PKK-MM/25/SK/Psln/IX/2024.

Dalam kesempatan itu, calon Wakil Gubernur Maluku, Michael Wattimena, memaparkan visi paslon 2M, yaitu “Maluku Maju, Berbudaya, Berdaya Saing, Inklusif dan Berkelanjutan Berbasis Sumber Daya Kepulauan”.

Menurutnya, visi yang ditetapkan tersebut akan diwujudkan melalui pelaksanaan delapan misi.

Pertama, Peningkatan SDM Sehat, Cerdas dan unggul.

Kedua, Peningkatan Produktivitas dan Hilirisasi Potensi Unggulan Daerah.

Ketiga, Peningkatan Tata Kelola Pemerintahan yang Adaptif, Berintegritas, Inovatif dan Berbasis Digital.

Keempat, Peningkatan Iklim Usaha Kondusif untuk Pengembangan Investasi & Penguatan Daya Saing Daerah.

Kelima, Peningkatan Ketahanan Sosial, Budaya dan Lingkungan Hidup untuk Mendukung Pembangunan Berkelanjutan.

Keenam, Percepatan Pemerataan Pembangunan Infrastruktur dan Konektivitas Antar Pulau. Ketujuh, Meningkatkan Kualitas Layanan Publik yang Inklusif.

Dan kedelapan, Meningkatkan Koordinasi Keselarasan & Sinergitas Pembangunan Daerah.

“Visi dan misi yang kami sampaikan ini merupakan hasil telaah dan kajian terhadap capaian dan permasalahan pembangunan dari berbagai dimensi kehidupan, mulai dari aspek sosial-budaya, ekonomi, tata Kelola kelembagaan, politik, keamanan dan lingkungan di Provinsi Maluku dalam kurun waktu lima tahun terkahir ini,” katanya, dalam jumpa pers di kediaman Murad Ismail, Wailela, Kecamatan Teluk Ambon, Kota Ambon, Minggu, 22 September 2024, malam.

Karena itu, lanjut Michael, visi dan misi paslon 2M adalah untuk menjawab bagaimana membangun Maluku ke depan lebih maju lagi sesuai dengan Visi Indonesia Emas 2045, yaitu Negara Nusantara Berdaulat, Maju dan Berkelanjutan yang telah ditetapkan dalam RPJPN 2025 – 2045, serta visi Maluku Maju 2045 yang ditetapkan dalam RPJPD 2025-2045 yaitu Maluku Maju, Inklusif, Berkelanjutan dan Berbasis Sumber Daya Kepulauan,” sambung Michael.

“Berdasarkan hasil telaah dan kajian yang dilakukan serta penyelarasan dengan visi RPJPN dan RPJPD Provinsi Maluku 2025-2045, maka visi yang kami rumuskan untuk membangun Maluku selama lima tahun ke depan (2025-2029) adalah merupakan cita-cita dan mimpi kami berdua tentang bagaimana Maluku menjadi daerah yang maju,” terangnya.

Dia menjelaskan, terkait visi, mengacu dari situasi problematik yang telah digambarkan pada bagian sebelumnya dan komitmen pengabdian Irjen Polisi Murad Ismail dan Michael Wattimena dalam membangun Maluku yang maju, maka atas dasar tersebut dirinya dan Murad Ismail bersemangat untuk mencalonkan diri sebagai calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku Periode 2025-2029.

Di mana, penjelasan pencapaian pembangunan Provinsi Maluku dari visi tersebut digambarkan secara rinci. Yakni, Maju, yaitu menggambarkan wujud pencapaian kualitas hidup meningkat sesuai target, didukung SDM yang unggul dan daya saing daerah yang meningkat.

Berbudaya, yaitu mencerminkan adanya perkembangan SDM yang lebih menghargai, menjujung tinggi nilai-nilai keluhuran dan kebaikan yang menjadi tradisi lokal, baik dalam bentuk pengetahuan, sikap, tutur hingga symbol-symbol atas nilai yang ada.

Berdaya saing, yaitu mengindikasikan bahwa pembangunan yg dilaksanakan telah mampu menciptakan masyarakat dan daerah memiliki keunggulan kompetitif utk menghadapi persaingan kedepan.

Inklusif, yaitu memberikan gambaran bahwa pelaksanaan pembangunan memberikan penekanan pada keberpihakan agar seluruh masyarakat dapat menikmati hasil Pembangunan.

Berkelanjutan, yaitu menunjukan bahwa pelaksanaan berbagai aspek pembangunan menjamin pencapaian ekosistem lingkungan yang Lestari. Dan Berbasis Sumberdaya Kepulauan, yaitu, mencerminkan bahwa SDA darat dan laut yang ada dengan segala spesifiknya akan menjadi salah satu modal utama pembangunan daerah.

“Pencapaian dari visi tersebut selama lima tahun pelaksanaan pembangunan Maluku, mulai dari tahun 2025-2025 dapat diukur melalui pencapaian lima sasaran visi yang indikatornya telah diselaraskan dengan sasaran visi RPJPN dan visi RPJPD Provinsi Maluku tahun 2025-2045, serta penetapan data baseline dan data target 2025-2029 disesuaikan dengan data capaian lima tahun sebelumnya,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Partai Politik (Parpol) Koalisi Maluku Maju terdiri dari PAN, Demokrat, PKS, PKB, Golkar, PBB, dan Ummat.

Dan Tim Pemenangan Kampanye Koalisi (PKK) Maluku Maju Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Maluku, Murad Ismail – Michael Wattimena, diketuai oleh Widya Pratiwi Murad, yang juga Ketua DPW PAN Provinsi Maluku dan anggota DPR RI terpilih Dapil Maluku periode 2024-2029.** CNI-04

Exit mobile version