Site icon Cakra News

Pemkota Ambon Gelar Upacara Hari Kemerdekaan ke 79 Tahun

Ambon, CakraNEWS.ID– Upacara bendera peringatan HUT RI ke-79 oleh jajaran Pemerintah Kota Ambon dipimpin langsung oleh Penjabat Wali Kota Ambon, Dominggus Kaya, selaku inspektur upacara yang bertempat di halaman Balai Kota Ambon, Sabtu, 17/08/2024.

Pelaksanaan upacara peringatan HUT RI ke-79 kali ini dinilai sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, karena bendera diberikan langsung oleh Badan Pembina Ideologi Pancasila (BPIP) yang merupakan duplikat bendera pusaka untuk dikibarkan.

Demikian disampaikan Penjabat Wali Kota Ambon, Dominggus Kaya, usai memimpin pelaksanaan upacara HUT RI ke-79 di Balai Kota Ambon kepada sejumlah wartawan. Penjabat Wali Kota Ambon mengatakan bahwa selain duplikat bendera pusaka, pihaknya juga menerima copy teks Proklamasi.

Sesuai amanat, kata Dominggus Kaya, saat penyerahan, duplikat bendera pusaka akan digunakan oleh masing-masing daerah selama 10 tahun ke depan.

Sementara, disinggung mengenai langkah konkret apa yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat, Kaya mengatakan bahwa pihaknya memastikan pelaksanaan Pilkada serentak di seluruh Indonesia, termasuk di Kota Ambon, berlangsung aman dan sukses hingga penetapan pemenang dan pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota definitif.

Selain itu, hubungan kerja sama yang baik antara pimpinan Forkopimda menjadi kekuatan bersama dalam menunjang pelaksanaan tugas-tugas pelayanan pemerintah, pembangunan, dan pelayanan masyarakat, terutama di lingkup Pemerintah Kota Ambon.

Bersamaan dengan pelaksanaan upacara peringatan HUT RI ke-79, Presiden Joko Widodo menyerahkan penghargaan bagi ASN yang telah mengabdi selama tiga puluh tahun, dimana penyerahan lencana penghargaan diserahkan oleh Penjabat Wali Kota Ambon, Dominggus Kaya.

Salah satu ASN yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Kota Ambon, Agus Ririmasse, merasa bersyukur menjadi salah satu ASN yang mendapatkan lencana penghargaan dalam pengabdiannya sebagai ASN selama lebih dari tiga puluh tahun.

Rasa syukur disampaikan oleh Agus Ririmasse. Dirinya merasa bangga dan bahagia karena menjadi salah satu ASN yang terpilih mendapatkan penghargaan Satya Lencana Karya Satya oleh Presiden Joko Widodo kepada ASN yang telah mengabdi 10 tahun, 20 tahun, dan 30 tahun.

Satya Lencana Karya Satya adalah tanda kehormatan yang diberikan oleh Presiden Republik Indonesia kepada para PNS yang telah menunjukkan kesetiaan, pengabdian, kecakapan, kejujuran, kedisiplinan, serta prestasi kerja dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai abdi negara dan abdi masyarakat.DMS

Exit mobile version