Site icon Cakra News

Pengacara Sukses Dessy Kosita Bulatkan Tekad Jadi Politisi Untuk Pelayanan

Ambon, CakraNEWS.ID– Pengacara yang juga aktivis perempuan, Dessy Kosita Hallauw memilih untuk melangkahkan kakinya memasuki dunia politik sebagai anggota DPRD Kota Ambon periode 2024-2029 dari Partai Golkar, daerah pemilihan Nusaniwe.

Dessy yang saat menjadi pengacara atau advokat banyak mengambil perkara tanpa honor, karena dirinya berkeputusan membantu orang susah dengan cuma-cuma atau gratis.

“Disitulah saya berpikir, bukannya advokat ini kan dia lebih sinkron dengan legislatif. Jadi akhirnya saya pikir ada tawaran-tawaran dari partai untuk gabung. Kenapa saya tidak ambil,”ujarnya kepada media ini, Selasa (10/09/2024) di ruang rapat utama kantor DPRD Kota Ambon, saat mengikuti gladi untuk pelantikan pada Rabu (11/09/2024).

Dessy mengakui, awal tidak terpikirkan untuk maju di lembaga legislatif, cuma berpikir cari pengalaman supaya makin matang di dunia advokat dalam melayani orang yang butuh bantuan hukum. Tapi ternyata setelah dia menjalani profesi sebagai seorang politikus Partai Golkar dan saat turun ke lapangan untuk lakukan sosialisasi yang merupakan bagian tugasnya sebagai sekretaris KPPG, dia mendapati banyak sekali masalah yang memang dikeluhkan oleh masyarakat

“Masalah yang jadi keluhan masyarakat antara lain air, infrastruktur, drainase, kesulitan ekonomi, kesulitan dana untuk usaha UMKM, dan masih banyak lagi. Akhirnya itu menjadi motivasi bagi saya. Apalagi ketika melihat banyak,sekali perempuan-perempuan atau ibu-ibu yang memang betul-betul berjuang dari nol, tetapi memang perjuangan mereka itu
setengah-setengah saja karena ada yang berhasil dan ada tidak berhasil. Ini yang membuat saya ingin ada di lembaga legislatif agar bisa menyuarakan masalah-masalah ini,”terang lulusan Fakultas Hukum Universitas Pattimura yang saat ini menjadi Ketua KPPG Provinsi Maluku.

Setelah 2 tahun bergabung di Partai Golkar, Dessy mulai mensosialisasikan diri dengan memasang spanduk. Dari situlah dirinya mulai dikenal banyak orang.

“Sebelum sosialisasikan diri yang kenal saya hanya klien saya, keluarga dan teman-teman. Tetapi setelah mensosialisasikan diri melalui spanduk, semakin banyak orang yang mengenal saya,”sebutnya.

Dessy merupakan peraih suara terbanyak kedua setelah Elly Toisuta untuk caleg Partai Golkar di Dapil Nusaniwe, akhirnya bisa dilantik menjadi anggota DPRD Kota Ambon periode 2024-2029, setelah Elly mengundurkan diri karena mencalonkan diri sebagai wakil wali kota Ambon, berpasangan dengan Bodewin M Wattimena dalam Pilkada Serentak Kota Ambon tahun 2024.

“Saya tidak menyangka akan dilantik. Tetapi yang membuat saya merasa bangga, Tuhan itu luar biasa karena tidak pernah lepaskan saya. Pada saat di panggil oleh partai di tanggal 4 September kemarin dan dibilang bahwa siap diri untuk di lantik. Saya pikir nanti 6 bulan lagi. Tapi dari KPU katakan sudah selesai semuanya, tinggal di lantik. Ada suka cita dan ada pujian bagi Tuhan,”ujarnya penuh syukur.*** CNI-04

Exit mobile version