Peringati Hari Koperasi ke-77, Plh Sekda Maluku: Peran Koperasi Lengkapi Usaha Rakyat

Adventorial News

Ambon, CakraNEWS.ID– Dalam rangka hari koperasi ke-77 tahun 2024, Dinas Koperasi Provinsi menggelar upacara peringatan, yang diselenggarakan di halaman Kantor Dinas Koperasi Provinsi Maluku, di Karang Panjang Ambon, Jumat (12/07/2024).

Plh Sekda Maluku, Suryadi Sabirin bertindak sebagai Pembina upacara. Sedangkan pemimpin upacara Kapten Ckm Bambang Subekti.

Dalam amanat Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah RI, yang dibacakan Plh Sekda, dikatakan bahwa, peringatan dan perayaan Hari Koperasi ke-77 tahun 2024 dengan tema “Koperasi Sebagai Ekosistem untuk Konsolidasi, Akselerasi dan Eskalasi Ekonomi Mikro dan
Kecil”.

“Tema ini sengaja diambil untuk meneguhkan peran strategis koperasi dalam mengantarkan Indonesia Emas 2045,”ujarnya.

Menurutnya, beberapa tahun terakhir ini, bangsa-bangsa di dunia tengah menghadapi himpitan krisis yang tidak mudah.

 

Mulai dari krisis ekonomi, krisis pangan, krisis energi, krisis iklim dan bahkan krisis geopolitik yang puncaknya menambah ketidakpastian dalam segala sendi kehidupan.

 

“Tantangan serupa juga terasa dampaknya dan tengah kita hadapi di Tanah Air, seperti gejolak harga pangan dan ketidakpastian masa panen,”ungkapnya.

Dikatakannya, ketidakpastian hanya mungkin bisa dijawab dengan prinsip kehati-hatian, dengan diagnosa yang benar, dengan “formula obat” yang tepat, dengan aksi yang cepat dan yang paling mendasar adalah dengan kebersamaan yang kuat.

Pembelajaran inilah yang kita dapati saat melewati krisis Pandemi Covid-19 atau bahkan krisis-krisis lain yang telah dilewati sebelumnya.

“Pada peringatan 77 Tahun Hari Koperasi kali ini, menjadi penting penting untuk merefleksikan bagaimana agar peran koperasi di Tanah Air semakin strategis dalam menjawab
tantangan krisis dan ketidakpastian tersebut, khususnya untuk mempercepat ikhtiar kebangsaan keluar dari
middle income trap,” tandasnya.

Sabirin katakan, hari ini, pendapatan perkapita rakyat kita diperkirakan baru sekitar US$ 4.919 (2023). Untuk menjadi negara maju di 2045 nanti, pendapatan per kapita ini harus bisa naik setidaknya 5 kali lipat.

Dia ungkapkan, lebih dari 99 persen dari pelaku usaha di Tanah Air adalah Usaha Mikro. Tiap-tiap krisis, populasi Usaha Mikro semakin melebar hingga menyebabkan terjadinya
persaingan usaha yang kompleks, tidak hanya antara Usaha Mikro dengan skala usaha yang lebih besar, tetapi mereka bahkan telah bersaing antar sesama Usaha Mikro untuk memperebutkan “kue ekonomi” yang semakin terbatas.

Usaha Mikro ini pula yang menempati porsi terbesar dari pelaku usaha yang belum mendapatkan akses pembiayaan formal, belum mendapatkan akses inovasi dan teknologi atau bahkan usaha mereka paling rentan terhadap perubahan lingkungan.

Maka, mustahil ikhtiar kebangsaan untuk menaikkan pendapatan per kapita 5 kali lipat pada 2045 nanti dapat dicapai dengan mengandalkan struktur
ekonomi yang ada saat ini.

“Disinilah peran koperasi menjadi sangat penting guna melengkapi ekosistem usaha rakyat agar dapat tumbuh: dari Usaha Mikro ke Usaha kecil; Usaha Kecil ke Usaha Menengah; dan terhubung ke dalam rantai pasok industri
nasional,” jelasnya.

Dia mencontohkan, koperasi telah menjadi solusi pembiayaan mikro yang paling banyak di akses oleh rumah tangga di Indonesia (4,25%) setelah Bank Umum selain Kredit Usaha Rakyat/KUR (4,95%). Bahkan di sektor pertanian dan perdesaan, koperasi telah menjadi lembaga keuangan utama dalam pemenuhan pembiayan usaha.

Dikatakannya, secara operasional, peran koperasi menjadi sangat strategis dalam mengonsolidasikan para pelaku Usaha Mikro dan Kecil agar usahanya menjadi lebih berskala ekonomi; mengakselerasi para pelaku Usaha Mikro dan Kecil dengan inovasi dan teknologi agar menghasilkan produk-produk berkualitas dan bernilai ekonomi tinggi; dan mengeskalasi para pelaku Usaha Mikro dan Kecil agar terjalin kemitraan rantai pasok.

“Pada tahap ini, koperasi telah membantu memberikan
kepastian kepada pelaku UMKM,” pungkas dia ***CNI-04

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *