Peringati Hari Lahir Pancasila 2024, Bupati Mukti Keliobas Pimpin Upacara

Adventorial News

Bula, CakraNEWS.ID – Bupati Seram Bagian Timur (SBT), Abdul Mukti Keliobas memimpin upacara hari lahir Pancasila, Sabtu (01/06/2024) yang dipusatkan di halaman depan Kantor Bupati setempat.

Pada pelaksanaan upacara tersebut Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kabupaten SBT, M. Syukur Kilwarani bertindak sebagai komandan upacara.

Bupati SBT Abdul Mukti Keliobas saat membacakan sambutan Kepala Badan Ideologi Pancasila Republik Indonesia Yudian Wahyudi menyampaikan, Pancasila pertama kali diperkenalkan oleh Bung Karno dihadapan sidang badan penyelidik usaha- usaha kemerdekaan Indonesia (BPUKPI) tepatnya pada tanggal 1 Juni 1945.

Menurutnya, sampai saat ini 1 Juni terus diperingati sebagai hari Kesaktian Pancasila oleh seluruh anak bangsa. Setelah 79 tahun berlalu atau tepatnya 2024, hari kesaktian Pancasila anak bangsa Indonesia kembali merayakan hari kesaktian Pancasila. Diperingatan hari lahir pancasila tahun 2024 ini mengambil tema “pancasila jiwa pemersatu bangsa menuju indonesia emas 2045”.

“Tema ini mengandung maksud bahwa pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun indonesia emas yang maju, mandiri dan berdaulat,” kata Keliobas.

Lebih lanjut, Keliobas menegaskan pancasila harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Karena mengandung nilai-nilai positif. Nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Sesuai yang terkandung didalamnya menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang majemuk. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam identitas nasional “bhinneka tunggal ika”.

“Lewat momentum ini saya mengajak komponen bangsa di mana pun berada untuk bahu membahu membumikan nilai- nilai pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” ajak Keliobas.

Dikatakan orang nomor satu di SBT itu, pancasila terbukti mampu mempersatukan dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah. Sehingga sampai dengan saat ini Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar. Pancasila merupakan bintang penuntun yang membawa Indonesia pada gerbang kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi sekarang ini.

“Pancasila harus senantiasa kita jiwai dan pedomani agar menjadi ideologi yang bekerja, dirasakan kehadiran yang dan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia,” tegas Bupati.

Perkembangan karakter, kata Keliobas rakyat didalam situasi global yang ditandai kemajuan teknologi komunikasi yang begitu pesat menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa indonesia. Oleh sebab itu, pancasila diharapkan menjadi filter agar bangsa indonesia tidak mengalami disorientasi pesatnya di masa depan.

Disamping itu Bupati Mukti juga menyampaikan, kemajuan teknologi informasi saat ini yang ditandai dengan teknologi (smartphone) masifnya dan penggunaan ponsel pintar dalam mengakses informasi melalui beragam media harus dapat dimanfaatkan secara bijaksana untuk menyiarkan konten-konten dan narasi positif yang mencerminkan aktualisasi nilai-nilai kehidupan pancasila ditengah bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

“Saya mengajak kepada seluruh komponen bangsa untuk mengutamakan pancasila dengan metode dan cara-cara kekinian dalam menyongsong bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan gen-z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa. Dengan semangat pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang akan dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Terlebih, di tengah krisis global yang terjadi,” imbuhnya dengan bersemangat.

Dalam upacara tersebut turut hadir, Kepala Kejari SBT, Eddy Sambra Limbong, SH,MH, Kepala Pengadila Negeri Dataran Hunimua, Donald F. Sopacua, SH, Kepala Pengadilan Agama SBT, Mahdy Syam, S.Hi, Kapolres SBT, AKBP Agus Joko Nugroho SH S.I.K, Kepala Kemenag Kab SBT, M Jen Tepilan,SHi, Danramil 1502-06/Bula, KAPTEN CBA. La Ode Maruf, Wadanki 3 Yon B Pelopor – IPDA M. Fadli Hasan,S.H, Danton Kompi Senapan E Yonif 731/Kabaresi, LETDA I Putu Wira dan Danposal Bula- LETDA LAUT (KH) Usman serta Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkup Pemda SBT.*** CNI-04

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *