Site icon Cakra News

Porseni Lapas Ambon Sambut HUT RI Dibuka Kakanwil KumHam Maluku

KAKANWIL : HARGAI DAN BINA MEREKA SEBAGAI PRIBADI YANG MERDEKA

Ambon, CakraNEWS.ID– Jelang Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dan Hari Pengayoman ke 79, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIa Ambon gelar Pekan Olah Raga dan Seni (PORSENI) bagi seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang berada di dalam,  Sabtu (10/08).

Kegiatan di buka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Maluku, Hendro Tri Prasetyo yang didampingi oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan, Maizar dan seluruh jajaran Kepala Unit Pelaksana Teknis di Lingkungan Kemenkumham Maluku.

Dalam Sambutannya Hendro menyampaikan apresiasinya terhadap penyelenggaraan kegiatan PORSENI Tahun 2024 ini, sebagai upaya untuk menggeliatkan kegiatan olahraga dan seni di kalangan Warga Binaan, sekaligus sebagai perwujudan dari pelaksanaan Undang – Undang Nomor 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan khususnya pada pasal 9 tentang “hak – hak narapidana”.

“PORSENI ini bukan hanya dalam rangka Hari Kemerdekaan Republik Indonesia saja, tetapi juga menjelang Hari Pengayoman yang juga dirayakan pada 19 Agustus mendatang. Karena Lapas ini termasuk dalam Kemenkumham, maka kita juga ingin mengajak Warga Binaan yang berada di sini untuk juga bisa ikut berpartisipasi dan meramaikan hari pengayoman ini,” ungkap Hendro.

Ia juga menyampaikan Kegiatan ini sebagai bentuk penjawantahan atas tugas pokok dan fungsi Pemasyaratan yang bukan lagi sebagai penjara, tetapi memiliki peran dalam membina dan mengayomi Warga Binaan untuk bisa Kembali serta di terima oleh Masyarakat dengan rasa dihargai sebagai manusia seutuhnya.

“Bentuk Pola Kepribadian mereka, untuk Kembali ada semangat bahwa mereka memiliki nilai dalam diri mereka sebagai pribadi yang Merdeka.”

“Masuk dalam rasa bersalah, dan Ketika bebas bisa berguna bagi Masyarakat sekelilingnya. Bukan hanya pembinaan Rohani yang dilakukan di dalam Lapas, tetapi juga pembinaan keahlian kerja seperti pertukangan, instalasi Listrik dan mekanik sampai juga pada reparasi Sofa,” tambah dia menjelaskan.

Menutup sambutannya ia berpesan bahwa kegiatan ini bukan hanya tentang memenangkan medali atau trofi, tetapi juga tentang semangat kebersamaan dan sportivitas, saling menghargai satu sama lain, serta untuk menjalin hubungan silaturahmi antar sesama warga binaan pada Lapas Kelas IIA Ambon.*** CNI-04

Exit mobile version