Prodi Teologi IAKN Tingkatkan Kualitas Pendidikan dengan Praktikum Berjemaat di GPM Tual

Adventorial News

Tual, CakraNEWS.ID– Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan, Program Studi (Prodi) Teologi terus berinovasi dengan berbagai cara dan media belajar yang interaktif serta aplikatif, Jumaat (14/07).

Salah satu upaya terbaru adalah pelaksanaan kegiatan praktikum berjemaat yang bertujuan untuk memberikan pemahaman secara real tentang ruang lingkup jemaat kepada mahasiswa.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan 1 FISK IAKN Ambon. Pdt. Dr. Sipora B. Warela, M.Pd.K,.

Ketua panitia,  Malitsa G. Tahitu, M.Si  dalam laporannya mengakui, kegiatan tersebut akan berlangsung selama 3 hari. Yakni tanggal 11-13 Juli 2024 di Jemaat GPM Tual.

“Kegiatan ini melibatkan sebanyak 25 mahasiswa yang didampingi oleh 5 dosen. Praktikum ini tidak hanya memberikan pengalaman lapangan yang nyata tetapi juga menggugah semangat pelayanan di kalangan mahasiswa,” jelasnya.

Dia menjelaskan, sebelum terjun langsung ke lapangan, para mahasiswa mendapatkan pembekalan materi dari tokoh-tokoh penting di wilayah tersebut.

Diantaranya, ketua Klasis Pulau-pulau Kei Kecil dan Kota Tual, Pdt. Ny. Irene K. Koljaan Wassar, S.Th, memberikan materi tentang “Sketsa Pelayanan Klasis Pp. Kei Kecil dan Kota Tual”. Materi ini memberikan gambaran umum mengenai dinamika dan struktur pelayanan di kawasan tersebut, membuat mahasiswa lebih siap dalam menjalani praktikum.

Selain itu, Ketua Majelis Jemaat GPM Kota Tual, Pdt. T. Latumahina, S.Th, juga memberikan materi yang berjudul “Pengenalan dan Gambaran Umum Jemaat GPM Kota Tual”.

“Pembekalan ini bertujuan untuk memperkaya pemahaman mahasiswa terhadap kondisi dan karakteristik jemaat di GPM Kota Tual, sehingga mereka dapat memberikan kontribusi yang lebih efektif selama kegiatan praktikum berlangsung,” pungkasnya.

Sementara Wakil Dekan I FISK IAKN Ambon Pdt. Dr. Sipora B. Warela, M.Pd.K, dalam sambutannya menyatakan praktikum berjemaat ini merupakan salah satu bentuk implementasi dari pembelajaran teoritis yang diterima di kampus.

“Kami ingin agar para mahasiswa tidak hanya pintar dalam teori, namun juga mampu mengaplikasikan ilmunya secara langsung di lapangan. Kegiatan ini diharapkan dapat membentuk mahasiswa yang lebih kompeten dan responsif terhadap kebutuhan jemaat,” ujarnya

Dirinya memberikan apresiasi atas agenda praktikum berjemaat tersebut karena mendapat respon positif dari berbagai pihak.

“Harapan besar disematkan agar kegiatan serupa dapat terus berlanjut dengan melibatkan lebih banyak jemaat serta melahirkan calon-calon pendeta dan pelayan jemaat yang berkualitas. Melalui langkah-langkah inovatif dan nyata seperti ini, Prodi Teologi yakin dapat mencetak lulusan yang siap menghadapi tantangan dunia pelayanan masa kini dan masa mendatang,” kunci Wakil Dekan, Pdt. Dr. Sipora.*** CNI-04

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *