Jakarta,CakraNEWS.ID- Polri kembali menunjukkan komitmennya dalam keterbukaan informasi publik dengan meraih peringkat tertinggi ke-2 dalam kategori kualifikasi informatif pada Penghargaan Keterbukaan Informasi Publik (KIP) 2024. Prestasi ini diharapkan menjadi motivasi bagi seluruh anggota untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.
“Penghargaan ini seyogyanya menjadi motivasi bagi kita semua untuk semakin memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ujar Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Pol. Sandi Nugroho, dalam keterangan tertulis, Rabu (18/12/2024).
Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Irjen Pol. Sandi mewakili Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Sandi mengungkapkan bahwa keberhasilan ini tidak terlepas dari kerja keras seluruh jajaran Polri dalam menjaga profesionalisme dan transparansi dalam memberikan pelayanan publik.
“Sebagaimana yang disampaikan Bapak Kapolri, penghargaan ini adalah hasil kerja sama seluruh jajaran dan mencerminkan rasa bangga atas capaian tersebut,” kata Sandi.
Sandi menegaskan, Polri akan terus meningkatkan kualitas pelayanan melalui berbagai upaya, termasuk pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas), perlindungan, pengayoman, serta penegakan hukum yang berkeadilan.
“Kami mendukung program asta cita pemerintah dengan menjaga kamtibmas, serta memastikan masyarakat mendapatkan akses informasi publik yang berkualitas, transparan, dan sesuai prinsip Presisi,” ujarnya.
Polri juga terus berfokus pada empat aspek penting dalam keterbukaan informasi publik, yaitu:
- Availability (ketersediaan informasi yang lengkap)
- Accessibility (kemudahan akses informasi)
- Acceptability (informasi yang dapat diterima dan dipahami)
- Affordability (keterjangkauan layanan informasi)
“Semua ini adalah langkah menuju visi Indonesia maju dan Indonesia Emas 2045,” tambah Sandi.
Menurut Komisi Informasi Pusat (KIP), penilaian Polri mencapai angka 96,46, yang menunjukkan komitmen institusi dalam keterbukaan informasi. Polri menjadi salah satu dari tiga lembaga negara yang menerima penghargaan ini, bersama lembaga pemerintah non-kementerian lainnya.
“Pengakuan ini bukan sekadar penghargaan, tetapi menjadi pemacu kami untuk terus berbuat lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” pungkas Sandi.*CNI-01