Renaksi Administrasi 2024 Kementerian, KumHam Maluku Raih Nilai Sempurna

Adventorial News

KEMENKUMHAM MALUKU RAIH NILAI SEMPURNA DALAM RENAKSI BIDANG ADMINISTRASI 2024

Jakarta, CakraNEWS.ID– Rapat Koordinasi Pengendalian (Rakordal) Program Dukungan Manajemen Kementerian Hukum dan HAM Tahun 2024 diawali dengan Arahan Ketua Steering Committee yang juga Kepala Badan Strategi dan Kebijakan (BSK) Kemenkumham, Y Ambeg Paramarta (16/7). Menurut Ambeg, acara yang rencananya dilangsungkan pada 16-19 Juli 2024 itu bertujuan untuk mengevaluasi dan mempercepat kinerja program dukungan manajemen pada semester II tahun 2024.

Dalam rapat ini, Ambeg menekankan pentingnya dukungan manajemen dalam pelaksanaan fungsi Kementerian/ Lembaga. Dukungan ini mencakup bidang perencanaan, keuangan, pengelolaan Barang Milik Negara (BMN), sumber daya manusia (SDM), kehumasan, pengelolaan arsip, dan teknologi informasi.

“Upaya ini dilakukan untuk memastikan keberhasilan program, output, dan outcome yang telah direncanakan,” ujar Ambeg.

Indikator penilaian Reformasi Birokrasi (RB) Meso, lanjut Ambeg, menjadi fokus utama evaluasi. Dengan perhatian khusus pada pencapaian di bidang perencanaan, keuangan, SDM, BMN, SPBE, kehumasan, dan kearsipan.

“Beberapa indikator penting yang dievaluasi termasuk tingkat capaian sistem kerja untuk penyederhanaan birokrasi, tingkat kepatuhan standar pelayanan publik, indeks pelayanan publik, serta nilai Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP),” urai Ambeg.

Selain itu, rapat juga membahas capaian kinerja berdasarkan rekapitulasi penilaian Rencana Aksi (Renaksi) bidang administrasi tahun 2024 di 33 Kantor Wilayah. Sumatera Selatan, Lampung, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Tengah, Bali, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, dan Maluku memperoleh nilai sempurna 100 dalam penilaian ini.

Hal ini sejalan dengan Target Kakanwil Kemenkumham Maluku, Hendro Tri Prasetyo dalam berbagai kesempatan yang menargetkan Kanwil Maluku menjadi pionir dan unit teknis percontohan di wilayah Indonesia Timur. Hadir mendampingi Kakanwil, Kepala Divisi Administrasi, Muhammad Akram dan Kepala Bagian Program, Perencanaan dan Humas, La Margono.

Materi pembahasan rapat terdiri dari 9 rencana aksi dan 15 indikator penilaian RB Meso, yang dibagi ke dalam tiga ruang komisi: Perencanaan & Keuangan, SDM & BMN, serta SPBE, Kehumasan, & Kearsipan.

“Nanti output dan acuannya bisa berupa Instruksi Menteri atau Surat Edaran Sekretaris Jenderal tentang petunjuk dan arahan percepatan kinerja program dukungan manajemen,” jelas Ambeg.

Terakhir, Ambeg berharap melalui evaluasi dan arahan yang diberikan, Kementerian Hukum dan HAM dapat meningkatkan kinerja dan akuntabilitas, serta mencapai target yang telah ditetapkan untuk tahun 2024.

Sementara itu, Sekretaris Steering Comittee yang juga Kapala Biro Perencanaan Ida Asep Somara mengatakan bahwa rakordal kali ini akan lebih berbeda.

“Yang akan kita evaluasi adalah kinerja Kementerian Hukum dan HAM, bukan kinerja kanwil atau unit kerja eselon I saja,” jelasnya.

Ida Asep juga menekankan pentingnya melakukan mitigasi terhadap masalah yang muncul di wilayah. Apakah ada kepatuhan dalam mengisi? Apakah kakanwil tahu ada ren aksi? Apakah ada kendala dalam pelaksanaannya?

“Rakor ini untuk evaluasi kinerja organisasi, bukan individu. Tapi yang paling tahu masalah yang ada adalah bapak ibu sekalian, termasuk jika ada kebijakan dari pusat yang tidak bisa diimplementasikan dengan baik di wilayah,” jelasnya.*** CNI-04

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *