Sapi Kurban Presiden untuk Maluku Asal Kabupaten SBB

Adventorial News

Ambon, CakraNEWS.ID– SAPI Kurban Presiden RI, Ir. Joko Widodo, untuk provinsi Maluku berasal dari kabupaten Seram Bagian Barat.

Hal ini diketahui saat dilakukan serah terima bantuan tersebut oleh Penjabat Gubernur Maluku, Ir. Sadali Le di pelataran masjid Raya Al Fatah kota Ambon, Kamis (13/06).

Bantuan Presiden itu seberat 965 Kg, berjenis peranakan Ongole.

Sementara bantuan Pemerintah Provinsi Maluku, seberat 850 kg, jenis sapi simental asal kabupaten Buru.

Hadir dalam penyerahan tersebut Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku, Plh. Sekretaris Daerah Maluku, Pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Provinsi Maluku, Imam Besar Masjid Al-Fatah, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, dan unsur terkait.

Jenis Sapi Ongole

Sapi ongole adalah jenis ras sapi yang berasal dari Distrik Prakasam di negara bagian Andhra Pradesh di India.

Trah ini diberi nama berdasarkan tempat asalnya, Kota Ongole. Sapi ongole, yang tergolong dalam subspesies Bos indicus, banyak diminati karena dikatakan tahan terhadap penyakit mulut dan kuku serta penyakit sapi gila.

Sapi umumnya dipelihara untuk dimanfaatkan susu dan dagingnya sebagai bahan pangan manusia. Hasil sampingan produk pemeliharaan sapi seperti kulit, jeroan, dan tanduk sapi juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.

Ternak sapi jenis ini menghasilkan sekitar 50% kebutuhan daging di dunia, 95% kebutuhan susu, dan kulitnya menghasilkan sekitar 85 % kebutuhan kulit untuk sepatu.*** CNI-04

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *