Semangat Pattimura Patut Jadi Inspirasi Anak Muda Bangun Kabupaten Menuju Indonesia Emas

Adventorial News

Ambon, CakraNEWS.ID– Peringatan perjuangan Pahlawan Nasional asal Maluku yang bergelar Pattimura ke-207 hendaknya menjadi inspirasi bagi generasi muda membangun daerahnya.

Hal ini dikatakan Irwan La Aru, tokoh masyarakat kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Rabu (15/05).

“Pattimura tua telah tiada, tetapi Pattimura muda akan tetap ada untuk bersama-sama menghadapi tantangan demi masa depan Maluku umumnya dan kabupaten SBB yang gemilang,” ungkap Irwan dalam diskusi ringan bersama sejumlah anak muda dari Saka Mese Nusa.

Peringatan ke 207 dengan tema “Lanjutkan Perjuangan Pattimura, Wujudkan Maluku Maju Menuju Indonesia Emas,” Irwan menghemat, perlu sekali generasi muda didorong untuk melakukan berbagai perubahan dan inovasi untuk kemajuan pembangunan.

Menurutnya, Pattimura Mud kreatif dimaknai sebagai orang-orang atau generasi muda yang memiliki daya cipta, ide dan gagasan yang dapat bermanfaat atau berguna bagi orang lain dan masyarakat.

“Di tengah era digital saat ini orang cenderung pasif, instan dan menerima begitu saja apa yang datang dari luar. Untuk itu saya berharap momentum Hari Pattimura ini dapat melahirkan para kreator yang terus aktif dan dinamis dalam menciptakan karya-karya menarik dari hal-hal yang sederhana,” ujar bakal calon Bupati SBB itu.

Sedangkan Pattimura muda inspiratif adalah orang-orang yang dapat menjadi contoh dan teladan, serta memiliki daya juang dan daya gugah serta menjadi contoh bagi lingkungan dan masyarakat.

Kapitan Pattimura, menurutnya, merupakan sosok inspiratif, sosok pemberani yang sanggup melawan ketidakadilan dan penindasan kolonialisme Belanda, tidak rela membiarkan rakyat Maluku sengsara serta mengorbankan jiwa dan raganya demi tanah Maluku.

“Belajar dari sosok Pattimura itulah kita semua diharapkan menjadi figur-figur inspiratif yang memotivasi banyak orang untuk terus maju dan berkembang, tidak mudah menyerah pada tantangan melainkan aktif dan optimis meraih masa depan,” tegasnya.

Setiap generasi muda juga dituntut berinovasi dalam pengembangan jati dirinya.

“Inovasi anak muda saat ini, menjadi hal sangat penting dilakukan berbagai negara di dunia termasuk Indonesia. Tidak terkecuali di kabupaten SBB,” pungkasnya.*** CNI-04

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *