Gandeng Mark Plus, Ketua Panitia Kompolnas Awards Ungkap Tiga Harapan Untuk Polri

Nasional

Jakarta,CakraNEWS.ID- Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto menyampaikan apresiasi dan pesan kepada penerima penghargaan dalam acara Kompolnas Awards 2024 di Hotel Discovery, Jakarta Utara, Rabu (17/7/2024) malam.

“Saya ucapkan selamat dan terima kasih atas dedikasi dan prestasi yang telah kalian capai. Teruslah menjadi inspirasi bagi rekan-rekan kalian dan masyarakat. Ingatlah bahwa penghargaan ini adalah bentuk kepercayaan dan harapan dari seluruh bangsa Indonesia kepada kalian,” ujar Menko Polhukam saat membuka acara tersebut.

Sementara itu, Penanggungjawab Kompolnas Award 2024, yang juga anggota Kompolnas Irjen Pol. (Purn) Drs. Pudji Hartanto Iskandar,MM, dalam laporannya mengatakan Perpres No. 17/2011 tentang Kompolnas menyebutkan Kompolnas merupakan Lembaga Pengawas Eksternal Polri.

“Kompolnas memiliki wewenang mengumpulkan informasi dan masukan dari berbagai pihak tentang kinerja dan prestasi Organisasi dan Anggota Polri, yang hasilnya menjadi bahan penilaian, apakah itu positif, negatif ataupun merupakan kebijakan yang kemudian dituangkan dalam bentuk Klarifikasi ataupun Rekomendasi kepada Kapolri melalui Ketua Kompolnas,”ujar Pudji Hartanto.

Sehubungan dengan itu, kata Mantan Kepala Korps Lalulintas (Kakorlantas) Polri, Kompolnas juga melaksanakan program penilaian terhadap Kinerja, inovasi yang baik terhadap perlindungan, pengayoman dan pelayanan masyarakat serta penegakkan hukum sehingga dirasakan oleh Masyarakat pada level Satuan Kerja Mabes Polri dan Satuan Wilayah, Kepolisian Daerah, Kepolisian Resor, Kepolisian Sektor yang dikemas dalam program Kompolnas Awards.

“Kompolnas Awards ini telah terlaksana 3 kali selama Kompolnas Periode 2019 – 2024,” ucapnya.

Pudji mengatakan, maksud dan tujuan Kompolnas Award bukan semata untuk mendapatkan award.

Menurutnya, Kompolnas Awards bertujuan, pertama, untuk membangun motivasi yang diharapkan terbangun iklim kerja yang kompetitif, yang pada gilirannya berdampak positif pada peningkatan kinerja.

Kedua, merupakan bentuk apresiasi yang diharapkan memberikan perasaan dihargai apa yang sudah dilakukan dengan sangat baik di lingkungan kerja yang sehat dan kondusif.

Ketiga, pemenang Kompolnas Awards diharapkan menjadi contoh bagi yang lain atas capaian kinerja Satuan Kerja dan Satuan Kewilayahan Polri yang mendapatkan penilaian positif dan dapat semakin membangun citra Polri yang semakin baik.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, penyelenggaraan Kompolnas Award tahun ini Kompolnas menggandeng Mark Plus sebagai konsultan independent yang bekerja sama dengan Tim Juri yang memiliki Integritas baik,” ungkapnya.

Peraih Penghargaan

Penghargaan dibagi menjadi 4 kategori, yaitu nominasi satker terbaik di tingkat Mabes Polri, polda terbaik kelompok A dan B, polres terbaik kelompok A dan B, serta polsek terbaik kelompok A dan B.

Untuk kategori satker Mabes Polri, Kompolnas menetapkan 5 nomine terbaik, yakni Pusdokes Polri, Litbang Polri, Pusdik Binmas Polri, Srena Polri, dan Unit PPA Bareskrim Polri. Posdokes Polri keluar sebagai pemenang. Kemudian, untuk kategori wilayah tingkat polda tipe A, kompolnas mengusung 5 nominasi, yaitu Polda Daerah Istimewa Yogyakarta, Polda Jawa Tengah, Polda Jawa Timur, Polda Lampung, dan Polda Sumatera Utara. Polda Sumut menjadi pemenang.

Sementara pada tingkat polda tipe B yang keluar sebagai juara adalah Polda Jambi. Adapun nominasinya adalah Polda Jambi, Polda Kalimantan Selatan, Polda Papua, Polda Kalimantan Tengah, dan Polda Sulawesi Tengah.
Kemudian, untuk kategori wilayah tingkat polres tipe A, 5 besar polres terbaik adalah Polres Jember, Polresta Jembrana, Polres Pati, Polres Singkawang, dan Polres Tanah Karo. Kategori ini yang menjadi pemenangnya adalah Polres Jember.

Sementara kategori wilayah tingkat polres tipe B dimenangi oleh Polres Murung Raya. Adapun nominasi adalah Polres Bengkuli, Polres Donggala, Polres Barito Jambi, Polres Karimun, dan Polres Murung Raya.

Selanjutnya, untuk kategori tingkat polsek tipe A, Polsek Singaraja keluar menjadi pemenang. Sementara untuk polda tipe B diraih oleh Polsek Rasifeto Barat.

Selain dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI selaku Ketua Kompolnas Hadi Tjahjanto, acara tersebut juga dihadiri oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, Menteri Dalam Negeri selaku Wakil Ketua Kompolnas, yang diwakili oleh Brigjen Pol Rustam Mansur, (Inspektur I pada Inspektorat Jenderal). Selain itu, Ketua Harian Kompolnas para Komisioner Kompolnas, Pejabat Utama Mabes Polri, serta tamu undangan dari Kementerian dan Lembaga yang hadir atau yang mewakili.*CNI-01

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *