Maulid Nabi Momentum Membangun Karakter ASN Kumham Maluku BerAkhlak

Adventorial News

Ambon, CakraNEWS.ID-– Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM Maluku menggelar peringatan Maulid Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam 1446 H sebagai momentum bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkungan Kanwil Maluku untuk membangun Karakter ASN BerAkhlak. Maulid ini menekankan bagaimana pentingnya meneladani sikap Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam dalam menjalankan tugas pengabdian ke masyarakat.

Bertingak sebagai penceramah, Ustadz Sahabu Alkatiri menyampaikan bahwa Nabi Muhammad SAW adalah sosok yang agung dan mulia, yang telah berjuang menyebarkan nilai-nilai Islam di Mekah dan Madinah.

Beliau menyampaikan pentingnya meneladani sifat-sifat nabi.

“Kita semua tahu bahwa ada 4 sifat baik yang ada pada diri Nabi. Sifat itu di antaranya: sidik, amanah, fathonah, dan tablig. Sidik artinya orang yang jujur, amanah adalah dapat dipercaya, fathonah berarti orang yang pandai atau cerdas, dan tablig artinya orang yang menyampaikan”,ujar Ustadz Sahabu Alkatiri.

Peringatan Maulid ini juga menjadi sarana untuk mempererat tali silaturahmi antar ASN dan memperkuat rasa persaudaraan.

Ustadz Sahabu Alkatiri menyampaikan, Islam adalah agama yang damai, agama yang penuh toleransi, penyebaran dengan kekerasan bukanlah ajaran Islam. Di momentum Maulid Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam marilah mempererat tali persaudaraan baik sesama muslim maupun kepada yang non muslim.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam dihadiri oleh Kakanwil Kemenkumham Maluku Hendro Tri Prasetyo, Kepala Divisi Pemasyarakatan Maizar, Kepala Divisi Imigrasi Jayanta Surbakti, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Reza Aditiyas Ananda, Pengurus Majelis Taklim Pengayoman dan Pengurus Persekutuan Kristen Kantor Wilayah.

Kakanwil Kemenkumham Maluku Hendro Tri Prasetyo, menyoroti memontum Maulid Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam tidak hanya makna memorial kelahiran saja, melainkan juga bermakna kontekstual yang menjadi kekuatan dalam merevitalisasi dan mendorong semangat ummat beragama dalam berbenah diri.

“Dengan meneladani Akhlak Nabi Muhammad kita selaku ASN diharapkan dapat mengimplementasikan Nilai-Nilai Dasar (Core Values) ASN secara utuh” ujar Hendro.

Peringatan Maulid Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam ini juga dibarengi dengan kegiatan berbagi kepada yang membutuhkan. Telah dilakukan penyerahan Infaq dan Sedekah kepada Anak Yatim dari Pesantren Al-Anshor Negeri Liang Kabupaten Maluku Tengah.*** CNI-04

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *