Meriahkan Rangkaian HPN 2024, PLN Maluku – Malut Gelar Konvoi Kendaraan Listrik di Kota Ambon

Adventorial News

Ambon, CakraNEWS.ID– PLN Unit Induk Wilayah Maluku dan Maluku Utara (UIW MMU) menggelar konvoi komunitas kendaraan listrik atau Electric Vehicle (EV) di Kota Ambon, Jumat (13/9/2024).

Konvoi yang melibatkan mobil maupun motor listrik itu mengambil rute start di Gong Perdamaian melewati Jalan Slamet RIyadi, Gereja Maranatha, PLN ULP Ambon Kota hingga kembali ke titik finish di Gong Perdamaian lagi.

General Manager PLN UIW MMU, Awat Tuhuloula mengatakan, event ini merupakan rangkaian peringatan Hari Pelanggan Nasional (HPN) 2024. Seperti yang diketahui HPN digelar setiap 4 September. Sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) terkemuka di Indonesia, PLN UIW MMU telah melaksanakan berbagai kegiatan selama bulan pelanggan ini.

“Kami bersama berbagai stakeholders melaksanakan konvoi kendaraan listrik roda empat dan roda dua di sekitar Gong Perdamaian ini. Melalui kegiatan ini, Kami ingin menyosialisasikan dan mengedukasi masyarakat umum terkait manfaat penggunaan kendaraan listrik,” ujar Awat.

Meski Kota Ambon udara saat ini dinilai bersih, namun sebagai upaya memelihara dan menjaga keberlangsungannya untuk jangka panjang, perlu dilakukan kampanye ini. Langkah ini juga sejalan dengan upaya pemerintah untuk mengurangi emisi karbon, sehingga membantu menciptakan lingkungan yang lebih segar dan nyaman.

“Di momentum HPN 2024 ini juga, Kami membangun sinergi bersama pelanggan dan tetap berkomitmen untuk terus melayani seluruh pelanggan dengan meningkatkan layanan yang inovatif dan responsif,” ucapnya.

Untuk mendukung pengguna kendaraan listrik, PLN UIW MMU juga telah membangun fasilitas Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang tersebar di Maluku dan Maluku Utara. Di Kota Ambon sendiri terdapat tiga titik SPKLU, selain itu ada di Maluku Tengah, Ternate, dan beberapa lainnya.

“Ke depannya di kantor-kantor PLN juga akan Kami sediakan fasilitas ini, sehingga masyarakat tak perlu ragu dan dapat menggunakannya untuk pengisian daya kendaraannya,” pungkasnya.

Kegiatan ini diapresiasi Pemerintah Provinsi Maluku yang turut hadir dalam konvoi tersebut. Plh. Sekretaris Daerah (Sekda) Maluku, Suryadi Sabirin mengakui di momentum HPN 2024 ini, PLN UIW MMU semakin menjadi pelayan yang baik kepada pelanggan di momentum HPN 2024 ini.

“Inovasi PLN patut kita apresiasikan, yang mana saat ini di Provinsi Maluku telah dipromosikan kendaraan listrik. Penggunaan kendaraan listrik ini merupakan salah satu agenda nasional dalam rangka mengurangi kendaraan berbahan bakar BBM, karena semakin hari semakin mahal. Dengan adanya mobil listrik, kita punya bahan baku nikel yang sangat banyak, hilirisasinya menjadi litium untuk daya mobil ini. Jadi, minimal kita memanfaatkan potensi yang ada di negara ini,” aku Suryadi.

Dia pun berharap, ke depannya akan lebih banyak masyarakat yang berminat untuk menggunakan kendaraan listrik ini.

Sementara itu, efisiensi dan manfaat penggunaan kendaraan listrik ini diakui salah satu penggunanya di Maluku, yakni Bupati Kabupaten Buru Selatan, Safitri Malik. Safitri menyebutkan, perannya yang juga sebagai seorang Ibu Rumah Tangga, tentunya memperhitungkan terkait pengeluaran jika dibandingkan dengan menggunakan kendaraan berbahan bakar BBM.

“Terlepas dari jabatan bupati, saya juga seorang Ibu Rumah Tangga. Saya memahami bagaimana mengatur keuangan. Pada waktu itu pasca dilantik, mungkin saya yang pertama pengguna kendaraan mobil listrik sebagai mobil dinas. Lebih ekonomis itu pasti, jadi kita bisa menggunakan anggaran negara untuk hal yang lebih penting. Kemudian juga Kami turut berupaya untuk mengurangi polusi emisi karbon,” ucap Safitri.

Adapun pagelaran HPN 2024 di Gong Perdamaian Dunia ini juga menghadirkan berbagai kemeriahan. PLN UIW MMU menghadirkan musisi-musisi Kota Ambon, pelaku UMKM, serta hiburan lainnya.*** CNI-04

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *