P3PD Kemendes Sasar Negeri Liang Beri Penguatan Kapasitas Berbasis Literasi Digital

Pemerintahan

Malteng,CakraNEWS.ID-Program Penguatan Pemerintahan dan Pembangunan Desa (P3PD) sub komponen 2B sasar pemuda dan pelaku UMKM di negeri Liang kecamatan Salahutu kabupaten Maluku Tengah, Sabtu (13/07/2024).

Kegiatan yang merupakan program besar Kementerian Desa (Kemendes) itu terselenggara atas kerjasama Kemitraan Partnership dan yayasan Tifa Damai Maluku.

Koordinator P3PD Kabupaten Maluku Tengah, Muhammad Tutupoho menjelaskan, P3PD berfokus pada penyediaan dan pengembangan dukungan terhadap penguatan tata kelola pemerintahan, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa yang akuntabel, partisipatif dan sesuai dengan kebutuhan lokal.

P3PD kata Tutupoho, memiliki 3 (tiga) sasaran kegiatan, yakni : Tersedianya sistem penyediaan intervensi program dalam pengembangan kapasitas berbasis teknologi; Tersedianya dukungan pembelajaran baru berbasis teknologi digital di lokasi; Terbangunnya kepemimpinan dan koordinasi nasional yang berorientasi pada hasil.

“Negeri Liang merupakan locus dari program P3PD yang berfokus pada program peningkatan kapasitas masyarakat desa. Banyak program kami yang bersifat pendampingan. Diantaranya program yang hari ini dilaksanakan yaitu pelatihan dan pengenalan literasi digital dan desain grafis untuk pemuda dan pelaku UMKM,” ungkap Tutupoho.

Sementara Kepala Pemerintah Negeri Liang, Taslim Samual memberikan apresiasi kepada jajaran P3PD Maluku Tengah yang telah memilih negeri yang tengah dipimpinnya sebagai fokus pendampingan program Kemendes.

Dia akui, kegiatan ini merupakan wujud komitmen pemerintah dalam visi besar menuju Indonesia emas 2045. Yang mana, upaya tersebut dilakukan secara holistik sehingga menerjunkan mitra-mitra startegis dalam melakukan pendampingan kepada pemerintah desa.

Agenda pelatihan literasi digital kata dia, penting untuk diikuti pihkanya terutama anak-anak muda negeri yang merupakan generasi penerus.

Samual berharap, generasi Millenial yang ikut serta dalam kegiatan pelatihan ini dapat membantu pemerintah negeri Liang kedepannya. Baik dari segi partisipatif, mengawal sistem pemerintahan yang transparan dan akuntabel. Hingga pada level menciptakan terobosan-terbosan besar yang berakitan digitalisasi di negeri Liang.

“Mohon untuk diikuti dengan baik kegiatan ini. Harapannya, kita bangun negeri ini melalui pemanfaatan teknologi informasi berbasis Literasi Digital,” ungkap Samual sesaat sebelum membuka acara.

Untuk diketahui, Sekolah Lapangan P3PD di negeri Liang dengan pola Pelatihan Literasi Digital dan Desain Grafis untuk Pemuda dan Pelaku UMKM, menghadirkan pemateri lokal, Muhammad Fahrul Kaisuku dari latar belakang Jurnalis dan praktisi media – literasi serta kepustakaan.

Materi yang dipaparkan, perihal peran media terhadap pembangunan desa atau negeri dengan sub Pemanfaatan Teknologi Informasi Berabasis Literasi Digital Mendorong Pertumbuhan Desa.Metode yang digunakan, selain ceramah dan dialog, dilakukan pula simulasi atau praktek menggali dan menayangkan potensi yang ada di negeri tersebut.*CNI-04

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *